Update Indonesia — Volume XV, No.11 – November – Desember 2021 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi  bulan November-Desember 2021 mengangkat laporan utama mengenai sengkarut regulasi moderasi konten di Indonesia. Hal ini karena Indonesia menjadi negara yang paling banyak meminta penghapusan konten di Google. Mengutip laporan yang dirilis Google yang berjudul “Content Removal Transparency Report” periode bulan Januari hingga Juni 2021, Indonesia menjadi negara yang paling banyak meminta penghapusan konten dan informasi dari pelbagai bentuk layanan digital dari Google, diantaranya seperti Google Search dan YouTube.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia membahas tentang kondisi tenaga kerja di Indonesia tahun 2021. Selain itu, kami juga membahas tentang kesiapan fiskal dalam mitigasi bencana di Indonesia. Beragamnya bencana di Indonesia membuat Indonesia perlu waspada dalam segala hal terutama anggaran. Kecukupan anggaran sangat penting diperhatikan karena bermanfaat pada segi efisiensi anggaran dan infrastruktur negara.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tentang jumlah anggota legislatif perempuan di DPR RI dan juga banyaknya persoalan bagi perempuan membuat publik menaruh harapan kepada DPR RI untuk memprioritaskan isu perempuan di tahun 2022. Selain itu, kami membahas tentang fenomena keberadaan buzzer ataupun influencer dalam ruang demokrasi Indonesia. Selanjutnya, kami juga membahas tentang polemik tentang jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 belum menemukan titik temu dan bagaimana mitigasi risiko dalam penyelenggaraan Pemilu.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang bantuan sosial yang masih dibutuhkan oleh masyarakat dengan status sosial ekonomi rendah untuk bertahan di masa pandemi COVID-19 yang telah memasuki tahun kedua. Selain itu, kami juga membahas tentang upaya perbaikan kualitas guru di Indonesia.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

Komentar