Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Peneliti

beni

Benni Inayatullah, Peneliti Bidang Politik, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Benni Inayatullah – Peneliti Bidang Politik

Lahir di Payakumbuh, 25 Desember 1980. Benni adalah peneliti di bidang Politik (Demokrasi, Reformasi Tata Kelola Pemerintahan dan Otonomi Daerah) di The Indonesian Institute. Anak kedua dari keluarga petani ini, saat ini terus berusaha mempertajam kemampuan analisisnya dalam bidang politik dan sosial.

Fokus kajiannya adalah Partai Politik, Desentralisasi, Reformasi Birokrasi dan Perubahan Sosial. Benni menyelesaikan pendidikan Sarjana Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun 2003. Benni pernah bekerja di The Amien Rais Center (2003-2004) dan menjadi Staff Program di Maarif Institute (2004-2005). Artikel-artikel tulisan Benni mengenai politik dan sosial dimuat di beberapa media nasional dan lokal.

 

Arfianto Purbolaksono – Peneliti Bidang Politik

Arfianto

Arfianto Purbolaksono, Peneliti Bidang Politik, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Arfianto Purbolaksono (Anto), lulusan Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP), Universitas Jenderal Soedirman. Saat ini, Anto tengah menempuh Magister Ilmu Politik di Univesitas Indonesia. Anto memiliki minat pada isu-isu tentang demokrasi, pertahanan, HAM, dan digital politics.

Anto telah banyak aktif terlibat di berbagai lembaga riset. Beberapa riset-riset yang pernah diikuti adalah “Survei Dinamika Internal Partai Politik Di Indonesia”; “Evaluasi Pengelolaan Daerah Kepulauan, Guna Percepatan Pembangunan Daerah Kepulauan”; “Analisis Kebijakan Pemerintah Terhadap Pengelolaan Pulau-Pulau Terluar”; “Jajak Pendapat Kebijakan Pemerintah Daerah DKI Jakarta”.

 

 

Rifqi Rachman, Peneliti Bidang Politik, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Rifqi Rachman – Peneliti Bidang Politik

Rifqi Rachman (Rifqi) adalah alumni Departemen Politik dan Pemerintahan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Lulus dari jurusannya pada 2017, Rifqi memulai karir sebagai analis media  di salah satu perusahaan intelijen media. Sebelum menjadi peneliti bidang politik di The Indonesian Institute, Rifqi juga sempat bekerja sebagai peneliti di salah satu perusahaan media digital.

Beberapa fokus kajian Rifqi adalah soal pemilu, politik digital, partai politik, serta politik perbatasan. Menjelang akhir studinya, Rifqi menulis skripsi bertemakan politik perbatasan yang berjudul “Beyond Territorialty: Meaning Complexity of Cross-Border Activities in Desa Napan, Nusa Tenggara Timur”. Skripsi tersebut sempat dipaparkan dalam kegiatan Research Day FISIPOL UGM tahun 2016.

 

 

Muhammad Aulia Y. Guzasiah – Peneliti Bidang Hukum

Muhammad Aulia Y. Guzasiah – Peneliti Bidang Hukum, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Muhammad Aulia Y. Guzasiah, atau yang akrab dipanggil Aan, adalah salah satu peneliti The Indonesian Institute (TII) yang resmi bergabung pada awal Februari 2019, dengan spesialisasi kajian pada bidang Hukum.

Aan memperoleh gelar Sajana Hukum pada bidang Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada tahun 2015, dan gelar Magister Hukum pada bidang yang sama, di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun 2018. Tesis yang dilakukan Aan di Mahkamah Agung (MA RI) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI), berjudul “Politik Hukum Pengaturan Pengawasan Peraturan Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Sebelum bergabung dengan TII, Aan aktif melakukan kegiatan sosial dan advokasi hukum dalam sejumlah organisasi kepemudaan. Selain itu, semasa kuliah Aan juga turut terlibat dalam beberapa kegiatan penelitian yang diadakan oleh civitas kampus, dan ikut membantu dalam menyusun naskah akademik, serta rancangan peraturan daerah dari instansi pemerintah daerah tertentu. Adapun fokus kajian yang saat ini ia tekuni, terkait dengan isu penataan regulasi dan peraturan perundang-undangan, korupsi politik, HAM, dan lingkungan.

NOPITRI WAHYUNI – Peneliti Bidang Sosial, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Nopitri Wahyuni – Peneliti Bidang Sosial

Nopitri Wahyuni adalah peneliti bidang sosial di The Indonesian Institute. Sebelum bergabung di TII, ia memulai karirnya sebagai asisten peneliti di Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG).

Nopitri adalah lulusan Sarjana Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia. Pengalaman riset pertamanya terkait dengan pengembangan masyarakat pada perencanaan Dana Desa, yang telah dipresentasikan dalam dua konferensi bidang pembangunan sosial dan ekonomi.

Selain itu, Nopitri tertarik dengan kajian gender, dimana ia telah membentuk sebuah komunitas kajian tentang isu-isu gender bernama On Women Indonesia. Nopitri memiliki ketertarikan besar pada isu kebijakan dan perencanaan sosial secara umum dengan lingkup fokus pada kajian pembangunan sosial, ketenagakerjaan dan gender.

Vunny Wijaya – Peneliti Bidang Sosial

Vunny Wijaya, Peneliti Bidang Sosial, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Lahir di Malang pada 18 April 1992. Vunny Wijaya bergabung menjadi Peneliti Sosial The Indonesian Institute. Vunny menyelesaikan studi magister pada jurusan Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia pada tahun 2019. Pada tahun yang sama, Vunny lolos dalam seleksi program hibah penelitian mahasiswa Universitas Indonesia dengan tema publikasi, “Human Research Practices: E-Riset Application in National Institute of Health Research and Development – Indonesia” yang diterbitkan melalaui Prosiding Internasional terindeks Scopus dalam 33rd International Business Information Management Association Conference.

Sebelumnya pada tahun 2015, Vunny memperoleh gelar Sarjana Sosial pada jurusan Sosiologi Pembangunan di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Pada tahun 2018, Vunny menjadi delegasi dalam program pertukaran mahasiswa pada kegiatan International Summer School di Universitas Sungkyunkwan, Korea Selatan melalui beasiswa Korea Foundation. Buku pertamanya berjudul, “Surga Di Bawah Nisan Anak” oleh Lembaga Penerbitan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Vunny memiliki ketertarikan pada isu di bidang pemerintahan khususnya SDM, inovasi dan isu kesehatan.

 

 

Muhamad Rifki Fadilah, Peneliti Bidang Ekonomi, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Muhamad Rifki Fadilah – Peneliti Bidang Ekonomi

Muhamad Rifki Fadilah (Rifki) adalah Peneliti Bidang Ekonomi The Indonesian Institute (TII). Rifki memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dengan bidang Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2018. Di akhir masa studinya, Rifki melakukan penelitian skripsi mengenai Pariwisata dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia dan berhasil lolos dipublikasikan dalam Jurnal Internasional Terindeks Scopus Q3 pada bulan Oktober 2018 silam dengan judul “The Causal Relationship between Tourist Arrivals and Economic Growth: Evidence from Indonesia”. Selain itu, sewaktu berkulia,h Rifki juga sangat aktif menulis berbagai opini terkait ekonomi di beberapa mainstream media, seperti koran Sindo, CNN Indonesia, dan kolom Opini Lembaga Pers Mahasiswa.

Ketertarikanya pada dunia riset dan penelitian di bidang ekonomi sudah dimulai sejak duduk di bangku kuliah semester 2, dimana saat itu, Rifki aktif mengemban amanah sebagai Kepala Subdepartemen Penelitian dan Pengembangan di Lembaga Pers Mahasiswa “Econochannel” FE UNJ dan aktif menjadi asisten peneliti untuk dosen di program studinya. Rifki juga aktif menjadi pembicara dan moderator dalam seminar di bidang penelitian dan ekonomi, serta menjadi pembicara pada ajang konferensi internasional di bidang ekonomi di Malaysia tahun 2017 silam.

Adapun fokus kajian yang saat ini ia tekuni, terkait dengan bidang makroekonomi khususnya terkait pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, ekonomi publik dan moneter, serta kebijakan di kedua bidang tersebut.

 

 

 

Komentar