Peneliti

Hemi Lavour Febrinandez  – Peneliti Bidang Hukum

Hemi Lavour Febrinandez – Peneliti Bidang Hukum, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Hemi Lavour Febrinandez (Hemi), adalah Peneliti Bidang Hukum di The Indonesian Institute (TII), Center for Public Policy Research. Memperoleh gelar Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Andalas pada Tahun 2018. Hemi aktif menulis dan melakukan penelitian hukum, salah satunya bertema “Menjerakan Pelaku ‘Uang Mahar’ Pemilu”.

Hemi juga pernah menjadi salah satu peserta call paper di Konferensi Hukum Tata Negara ke-6 pada Tahun 2019 dengan makah yang berjudul “Desain Konstitusional Relasi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam Hal Pembatalan Peraturan Daerah Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 137/PUU-XIII/2015”. Fokus kajian yang saat ini ia tekuni terkait dengan demokrasi dan pemilu, penataan regulasi dan peraturan perundang-undangan, perlindungan HAM, dan korupsi politik.

 

 

Nisaaul Muthiah, Peneliti Bidang Sosial, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Nisaaul Muthiah – Peneliti Bidang Sosial

Nisaaul Muthiah (Nisa) adalah alumni Departemen Sosiologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Lulus dari jurusannya pada 2018. Sebelum menjadi peneliti bidang sosial di The Indonesian Institute, Nisa juga sempat bekerja sebagai asisten peneliti di beberapa lembaga.

Nisa pernah melakukan penelitian bertemakan kognisi anak yang berjudul “Asosiasi antara Karakteristik Anak, Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Kognisi Anak di Indonesia: Analisis Data Sekunder Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia (SAKERTI-5)”. Fokus kajian Nisa adalah soal pendidikan, kemiskinan, kesehatan publik, gender dan budaya.

 

 

 

 

Ahmad Hidayah – Peneliti Bidang Politik, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Ahmad Hidayah – Peneliti Bidang Politik

Ahmad Hidayah (Ahmad) adalah peneliti bidang politik The Indonesian Institute. Ahmad memperoleh gelar sarjana di Univesitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta pada tahun 2014 di jurusan Ilmu Politik. Ahmad melanjutkan studi Magister Ilmu Politik dengan konsentrasi perempuan dan politik di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2017 dan lulus pada tahun 2020.

Judul penelitian tesis Ahmad adalah “Perbandingan Seleksi Kandidat Perempuan Partai Nasdem di Indonesia Tahun 2014 dengan Partai Unidos Podemos di Spanyol Tahun 2016”. Dengan judul yang sama, penelitian Ahmad diterbitkan melalui prosiding internasional dalam Third International Conference on Sustainable Innovation 2019 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Sesuai dengan penelitiannya di UI, ahmad tertarik dengan isu – isu partai politik serta perempuan dan politik.

 

 

Nuri Resti Chayyani – Peneliti Bidang Ekonomi, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Nuri Resti Chayyani – Peneliti Bidang Ekonomi

Nuri Resti Chayyani (Nuri) adalah alumni S1 Ekonomi Pembangunan, Universitas Lampung, yang lulus tahun 2018. Nuri menuntaskan program magister di bidang Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun 2020. Sebelum menjadi Peneliti Bidang Ekonomi pada The Indonesian Institute, Nuri memiliki pengalaman menjadi asisten dosen pada mata kuliah Evaluasi Proyek selama dua semester.

Nuri memiliki beberapa pengalaman penelitian, diantaranya tentang strategi ketahanan sosial-ekonomi masyarakat Kabupaten Pringsewu Lampung, dan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan. Fokus kajian yang diminati Nuri adalah perencanaan pembangunan wilayah, dan keuangan daerah.

Komentar