Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia-Volume XII, No. 8-September 2018 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi September 2018 mengangkat Laporan Utama tentang perbaikan kampung KB, menyongsong hari kontrasepsi dunia. Topik ini menjadi sangat relevan karena sampai saat ini target kampung KB masih belum tercapai karena mayoritas provinsi belum memenuhi target satu kampung KB untuk setiap kabupaten/kota. Di laporan utama juga dibahas dua aspek indikator keberhasilan target kampung KB dan point-point evaluasi guna perbaikan pencapaian target.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas empat isu yakni polemik daftar pemilih tetap (DPT) dan polemik Bawaslu terkait caleg mantan napi korupsi. Dua isu lainnya mengulas tentang sangkarut mahar politik dalam pemilu di Indonesia dan tantangan kepala daerah terkait pemecahan sejumlah permasalahan di wilayahnya serta rekomendasi yang bisa diusulkan terkait penyelesaiannya.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia membahas tentang kebocoran gula rafinasi yang mengancam produktivitas petani lokal. Penulis menilai bahwa bocornya gula rafinasi yang beredar bebas di pasaran harus diantisipasi karena hal tersebut akan menurunkan keterserapan produksi gula lokal. Isu kedua yang diangkat dalam Update Indonesia September terkait polemik kewajiban dan potensi penggunaan biodiesel B20. Didalamnya mengupas tentang bagaimana mengoptimalkan surplus produksi minyak sawit mengingat Indonesia sebagai salah satu negara produsen minyak sawit terbesar di dunia.

Di bidang sosial, Update Indonesia kali ini mengangkat topik tentang isu hak asasi manusia fokus pada hak atas kebebasan menjalankan ibadat dan pembatasan HAM. Isu ini sangat kontekstual mengingat kasus yang sedang hangat dibicarakan mengenai Meliana yang terkena delik penodaan agama dan dihukum 18 bulan penjara. Konsep kebebasan beragama terkait ranah internum dan eksternum serta persyaratan pembatasan HAM dieksplorasi dengan ringkas dan padat.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dananalisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Download: Update Indonesia-Volume XII, No. 8-September 2018 (Bahasa Indonesia)

 

Komentar