Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia-Volume XII, No. 2-Maret 2018 (Bahasa Indonesia)

Ketimpangan gender dalam struktur parlemen kita masih menjadi permasalahan yang belum tuntas. Hal ini berimplikasi pada kurangnya keterlibatan perempuan dalam proses kebijakan dan kebijakan publik yang tidak peka gender. Laporan utama Update Indonesia edisi Maret 2018 mengangkat permasalahan ini, terutama terkait Hari Perempuan Internasional, khususnya mendorong partai politik untuk mendukung caleg perempuan.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia membahas isu tentang “Tantangan Meningkatkan Peran E-commerce di Indonesia” dan tentang Paket Kebijakan Ekonomi Jilid ke-16. Sementara di bidang politik, kami mengulas tentang peraturan KPU mengenai larangan berkampanye paska penetapan parpol peserta Pemilu 2019. Kami juga membahas tentang ancaman ujaran kebencian dalam kampanye di tahun politik, baik terkait pilkada serentak dan Pemilu 2019 mendatang.

Di bidang sosial, Update Indonesia kali ini mengangkat tulisan tentang pengadaan gerbong khusus perempuan di kereta api dan peluncuran Kartu Lansia Jakarta. Kami juga mengulas tentang motivasi finansial dan nonfinansial tenaga kesehatan untuk bekerja di daerah yang sulit.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Update Indonesia-Volume XII, No. 2-Maret 2018 (Bahasa Indonesia)

Download

Komentar