Paste your Google Webmaster Tools verification code here

The Indonesian Forum seri 49 “Digital Ekonomi Sebagai Daya Saing UMKM”

Bersama ini kami mengundang Bapak dalam Diskusi “The INDONESIAN FORUM Seri 49”
Hari, tanggal : Kamis, 18 Oktober 2018
Waktu : 14.00 s/d 16.00 WIB
Tempat : Kantor The Indonesian Institute (TII), Jalan HOS. Cokroaminoto No.92,
Menteng, Jakarta Pusat 10310

Fokus Diskusi : “Digital Ekonomi Sebagai Daya Saing UMKM”

Perekonomian Indonesia masih belum bisa terlepas dari jeratan tekanan global. Meskipun saat ini sudah memasuki triwulan akhir tahun 2018, nilai tukar rupiah terhadap dollar justru semakin tergerus mencapai level psikologis baru di angka Rp 15.182. Berkaca pada kondisi ekonomi yang saat ini terjadi, The Indonesian Institute menggarisbawahi pentingnya upaya untuk memperkuat fondasi ekonomi domestik melalui peran daya saing sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, salah satu persoalan dasar yang dihadapi sektor UMKM adalah masih rendahnya penetrasi mereka dipasar global.

Hadirnya digital ekonomi sebetulnya memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM. Namun, merujuk data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) tahun 2018, baru sekitar 6,4 persen pelaku UMKM yang telah merambah digital ekonomi. Padahal, potensi keuntungan pengembangan usaha melalui digitalisasi UMKM cukup besar. Kondisi tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor seperti jumlah konsumen yang melakukan transaksi online pada tahun 2016 sebanyak 8,7 juta atau meningkat hampir tiga kali dibanding tahun 2012. Selain itu, volume transaski uang elektronik selama Agustus 2018 mencapai 297 juta. Angka tersebut meningkat tiga kali lipat atau 254 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017. Indikator tersebut menunjukkan adanya permintaan yang cukup besar dari masyarakat terhadap sektor e-commerce.

Studi Delloite Access Economics, sebuah organisasi konsultan ekonomi, pada tahun 2015, menemukan bahwa keterlibatan UMKM secara digital berpotensi dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan sekitar 23 persen hingga 80 persen. Namun, terlepas dari potensi dan keuntungan yang ada, masih rendahnya penetrasi UMKM di digital ekonomi menajdi persoalan yang penting didiskusikan. Untuk itulah, The Indonesian Forum kali ini mengangkat diskusi terkait digitalisasi ekonomi sebagai fondasi ekonomi domestik.

Bahan Diskusi:
1. Sejauh mana kesiapan UMKM di Indonesia untuk naik kelas dalam menangkap peluang digital ekonomi?
2. Kebijakan apa yang telah diterapkan Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka mendukung daya saing UMKM melalui digitalisasi teknologi ?
3. Faktor apa saja yang menjadi tantangan dan hambatan bagi pelaku UMKM dan juga pemerintah dalam rangka menjalankan Road Map E-Commerce tahun 2017-2019 ?

Pengantar Diskusi oleh:
1. Puti Adella Elvina, MTI, Kasie. Pengembangan dan Fasilitasi Platform Perdagangan Kementerian Komunikasi dan Informatika

2. Florentia Jeanne
Pemilik Brand NoonaKu Signature (PT NoonaKu Desain Indonesia)

Ir. Heru Nugroho, Dewan Eksekutif Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI)

4. Riski Wicaksono, Peneliti Bidang
Ekonomi The Indonesian Institute

Moderator : Yossa Nainggolan, Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute

Download Rangkuman Diskusi : THE INDONESIAN FORUM_Rangkuman Diskusi_Seri 49_18 Oktober 2018

Materi Diskusi:

Paparan UMKM versi 1.1

 

Foto:

Komentar