Paste your Google Webmaster Tools verification code here
Foto Kpu.go.id.

KPU Tunggu DCS Partai, PBB Siap Daftarkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menjalankan jadwal proses pendaftaran calon anggota legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, DPD pada tanggal 9-22 April 2013. Hal itu, bagi Partai Bulan Bintang (PBB) yang mengusung tema “Keadilan dan Kepastian Hukum” sudah mempersiapkan calegnya semenjak bulan Agustus 2012.
Hadar Navis Gumay, Anggota KPU RI mengatakan, bahwa KPU akan tetap berpegang teguh pada prosedur yang telah ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan yang ada. Ada beberapa partai politik secara terbuka mengajukan untuk adanya dispensasi waktu soal daftar caleg sementara. Akan tetapi, lanjut Hadar, tidak ada waktu yang khusus bagi partai tertentu. Karena bagi KPU, jadwal DCS diperuntuhkan bagi semua peserta Pemilu 2014 mendatang.

“Hal itu tidak mungkin, karena proses pencalonan waktunya sangat pendek. Dan tidak bisa juga ditunda,” kata Hadar Navis Gumay dalam diskusi “Kesiapan Parpol Peserta Pemilu Menjelang Pendaftaran DCS” di The Indonesian Institute Jl. Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Hadar menambahkan, kami juga dapat masukan dari Komisi II DPR RI, sudah 4 kali pertemuan. Bahkan menanyakan apa tindak lanjutnya (PKPU). Komis II meminta perubahan Peraturan KPU yang terkai peraturan keterwakilan 30 persen perempuan. Tapi bagi KPU tentu mendengar, pertimbangkan dengan hati-hati, dan ada juga kita rubah terus ada juga yang kita pertahankan.

“Kami juga mengingingkan selengkap mungkin (data DCS), nah pada masa perbaikanlah ada perbaikan. Perubahan DCS hanya meninggal dunia dan masukan masyarakat,” ujar Hadar.

Ditempat yang sama, M. Yasin Ardhy Wakil Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) mengatakan, bahwa PBB baru ditetapkan sebagai peserta Pemilu oleh KPU. Tapi, perekrutan caleg sudah dilakukan bulan Agustus 2012. Mulai dari tingkat Kabupaten/kota, Provinsi tidak kesulitan untuk penetapan caleg dalam DCS.

“PBB baru ditetapkan jadi peserta, perekrutan caleg sudah dilakukan bulan agustus 2012. Tinkat provinsi, kabupaten/kota tidak kesulitan cari caleg,” kata Yasin dalam diskusi.

Yasin menambahkan, apa yang ditetapkan KPU 9-22 April 2013, terkait pendaftaran DCS. PBB pada 18-20 April akan mengantarkan daftar DCS ke jalan Imam Bonjol (KPU). Caleg perempuan, lanjut Yasin, kita sudah perhatikan dari dulu dan sudah mengantisipasi dengan pembekalan politik.

“Memang kalau kita perhatikan, yang diprioritaskan jumlah, bukan kualitas,” ujarnya.

Sumber: Menits.com.

Komentar