Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIII, No. 5 – Mei 2019 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Mei 2019 mengangkat laporan utama mengenai evaluasi terhadap syarat ambang batas calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilihan Presiden 2019. Tema ini sangat relevan karena pada Pilpres 2019 kali ini, diikuti oleh dua kandidat yang juga pernah bertarung dalam Pilpres 2014. Tidak ada wajah baru yang nampak dalam Pilpres 2019 kemarin. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tingginya syarat ambang batas untuk mencalonkan diri sebagai pasangan presiden-wakil presiden atau yang dikenal sebagai presidential threshold.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini membahas tentang peringatan Hari Buruh sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada aksi hari buruh tahun ini, kalangan buruh di Indonesia kembali menuntut kenaikan upah. Selain itu, pada bidang ekonomi, juga membahas tentang kebijakan moneter Bank Indonesia. Hal ini cukup relevan, karena adanya ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global yang membutuhkan respon kebijakan yang tepat.

Di bidang hukum, Update Indonesia mengangkat tema tentang konsekuensi dari deklarasi-deklarasi kemenangan dalam Pemilihan Presiden 2019 oleh salah satu pasangan calon. Hal ini sangat penting untuk dibahas, karena deklarasi kemenangan tersebut berpotensi untuk dapat dipidanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana (UU Peraturan Pidana). Selain itu, bidang hukum juga  membahas tentang perjalanan dua puluh satu tahun reformasi, khususnya otonomi daerah di Indonesia.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tema tentang penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu di era reformasi. Selanjutnya, bidang politik juga membahas tentang evaluasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2019. Tema ini relevan untuk dibahas karena konsekuensi dari penyelenggaraan model pemilu serentak memakan waktu panjang dan melelahkan. Akibatnya, banyaknya korban jiwa yang berjatuhan akibat kelelahan mengurus pagelaran akbar ini

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang tantangan representasi politik perempuan dalam proses pengambilan kebijakan selama era reformasi. Selain itu, kami juga membahas tentang refleksi penyelenggaraan inklusivitas layanan kesehatan di Indonesia.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Download Update Indonesia — Volume XIII, No. 5 – Mei 2019 (Bahasa Indonesia)

Komentar