Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIII, No. 4 – April 2019 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi April 2019 mengetengahkan laporan utama mengenai kebijakan kebencanaan di Indonesia. Tema ini sangat sesuai karena Indonesia sebagai negara yang memiliki kerawanan bencana. Oleh karena itu, bukan saja peran Pemerintah saja, namun juga peran multisektor dalam isu kebencanaan di Indonesia. Selain itu kebijakan bencana harus mempertimbangkan kelompok rentan dengan pendekatan yang lebih terintegrasi.

Pada bidang ekonomi, Update Indonesia membahas tentang bongkar-pasang tarif pesawat yang telah memunculkan berbagai spekulasi. Selain itu, pada bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini juga membahas tentang Perempuan dan perekonomian Indonesia. Hal ini cukup relevan, karena di bulan April ini memperingati Hari Kartini.

Pada bidang hukum, Update Indonesia mengangkat tema tentang ancaman hoaks terhadap badan penyelenggara Pemilu. Hal ini sangat penting untuk dibahas, karena bukan saja terkait kepercayaan publik terhadap institusi negara saja yang akan tergerus, tapi juga akan memicu chaos dan makar. Selain itu, bidang hukum membahas tentang praktik korupsi politik di Indonesia. Oleh karenanya diperlukan beberapa langkah konkrit yang harus dimulai dari penanganan partai politik.

Pada bidang politik, Update Indonesia mengangkat tema Pemilu dari beragam aspek, seperti peran panitia pemilihan yang sangat penting dalam menjaga kepercayaan publik terhadap hasil pemilu. Selanjutnya tentang perbedaan hasil survei jelang pemungutan suara. Kemudian pembahasan tentang janji Capres dalam bidang Pemerintahan yang terungkap pada Debat ke empat. Selain persoalan Pemilu, pada bidang politik juga dibahas tentang aksi teror yang terjadi di New Zealand. Hal ini perlu disikapi dengan kebijakan mitigasi anti-teror karena berpotensi untuk menjadi inspirasi ataupun sumber kekecewaan yang memicu aksi terorisme di Indonesia.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca

Download
Update Indonesia — Volume XIII, No. 4 – April 2019 (Bahasa Indonesia)

Komentar