Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia-Volume XII, No. 5 – Juni 2018 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Juni 2018 mengangkat laporan utama tentang revisi UU Terorisme dan Keutamaan Deradikalisasi. Isu ini masih marak, dan pemerintah baru saja mengesahkan revisi Undang-Undang No. 15 Tahun 2013 tentang Terorisme dan Keutamaan Deradikalisasi. Bagaimana konten perubahan pasal per pasalnya dibahas dalam tulisan ini.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas dua isu, yakni tentang menghentikan laju persekusi dan teror sebagai pengalihan isu dan sikap negara. Untuk isu persekusi tidak terlepas dari tindakan semena-semena kelompok garis keras terhadap individu atau kelompok yang dianggap berbeda. Adapun isu kedua, tidak terlepas dari banyaknya pihak yang memiliki interpretasi atas serangkaian peristiwa teror beberapa bulan belakangan, termasuk diantaranya interpretasi sebagai pengalihan negara.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia mengupas terkait dampak aksi terror bom terhadap pergerakan pasar saham dan menakar potensi ekonomi penyelenggaraan Asian Games di Provinsi DKI Jakarta. Isu ini diantaranya memperlihatkan potensi ekonomi lokal dari perhelatan Asian Games.

Adapun dibidang sosial, Update Indonesia kali ini mengulas tentang Hari Keluarga Nasional 2018 yang jatuh pada 29 Juni dengan fokus kepada Refleksi KB Pasca Persalinan. Dua topik sosial lainnya adalah mencegah ekstrimisme dengan kekerasan kepada anak-anak lewat pendidikan dan melihat dampak kenaikan angka harapan hidup (AHH) dari dua sisi.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hokum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca,

Update Indonesia-Volume XII, No. 5 – Juni 2018 (Bahasa Indonesia)

Komentar