Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XII, No. 1 – Januari-Februari 2018 (Bahasa Indonesia)

Defisit BPJS telah mencapai Rp 9 triliun sampai akhir tahun 2017. Kondisi ini diakibatkan jumlah dana yang masuk tidak sebanding dengan pengeluaran, terutama terkait pembiayaan klaim penyakit katastropik. Laporan utama edisi Januari-Februari 2018 mengangkat topik tentang “Darurat Defisit BPJS”, untuk fokus pada usaha pencegahan dan promosi kesehatan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi pengeluaran BPJS.
Di bidang ekonomi, Update Indonesia membahas isu tetang “Kelesuan Kinerja Ekspor Indonesia” dan “Polemik Transparansi Dana Otsus Papua”. Sementara di bidang politik, kami mengulas tentang Permendagri No. 3 Tahun 2018, yang meskipun sudah dibatalkan, namun menunjukkan belenggu pemerintah terhadap pemikiran masyarakat polemik. Kami juga membahas tentang polemik usulan Pelaksana Tugas Gubernur dari unsur Polri dengan teknik media monitoring terhadap lima media online terpilih. Isu lain adalah mengenai.
Di bidang sosial, Update Indonesia kali ini mengangkat polemik penataan kawasan komersial Tanah Abang yang kompleks baik dari ekonomi, sosial, politik maupun hukum, khususnya terkait penataan keberadaan pedagang kaki lima.
Dalam edisi ini, kami juga menyorot Program Nusantara Sehat Kemenkes RI, khususnya terkait pemenuhan tenaga kesehatan yang berkualitas, mempertahankan tenaga kesehatan di wilayah kerjanya, serta keberlanjutan karir tenaga kesehatan setelah kontrak mereka berakhir.
Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, juga pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.
Selamat membaca.

Komentar