Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia Volume V no. 07 November 2010 (Bahasa Indonesia)

Satu tahun Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono–Boediono ramai disambut berbagai aksi demonstrasi kekecewaan, tetapi sepi apresiasi dari rakyat. Meskipun SBY telah menyampaikan berbagai capaian dan tentunya banyak yang telah dilakukan pemerintah dalam satu tahun ini, namun agak sulit untuk memberikan apresiasi positif atas kinerja pemerintah di tengah banyaknya tumpukan persoalan.

Wajar jika tingkat kepuasaan publik terhadap Pemerintahan SBY-Boediono hari-hari ini kian menurun. Indikator menurunnya apresiasi publik terhadap kinerja pemerintah, terlihat dari berbagai hasil survei. Merunut hasil jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI), misalnya, kepuasaan publik terhadap pemerintah mengalami trend penurunan. Jika kinerja pemerintah dipotret dari hasil survei masih dinilai rendah dan belum layak diapresiasi, lalu bagaimana dengan kinerja pemerintah jika dilihat dalam pendekatan lebih substantif, yang terlihat dan dialami langsung rakyat? Update Indonesia kali ini mengangkat tema utama tentang menakar kinerja satu tahun pemerintahan SBY-Boediono.

Update Indonesia kali ini juga mengangkat tema-tema penting di bidang politik dan sosial. Bidang hukum membahas tema mengenai putusan Mahkamah Konstitusi tentang pelarangan buku. Bidang politik mengangkat tema tentang pembatalan kunjugan Presiden RI ke Belanda. Tema lainnya tentang quo vadis RUU DIY. Di bidang sosial mengangkat tema mengenai prosedur tetap penanggulangan aksi anarkis.

Update Indonesia Volume V no. 07 November 2010 (Bahasa Indonesia)

Komentar