Paste your Google Webmaster Tools verification code here

The INDONESIAN FORUM Seri 73 – Reformasi Partai dan Inklusi Anak Muda

Partai politik memiliki peran penting untuk melakukan konsolidasi rezim demokrasi. Untuk menjalankan perannya dalam masyarakat demokratis, partai politik memainkan beberapa fungsi yang saling terkait. Mengutip V.O. Key dalam Aldrich (2011), fungsi partai politik terdiri dari tiga bagian, yaitu fungsi dalam pemilu, partai sebagai organisasi, dan partai dalam lembaga pemerintahan.

Sayangnya, transisi Indonesia menuju rezim demokrasi pasca reformasi menjadi terhambat karena konsolidasi tidak berhasil dilakukan. Partai politik cenderung eksklusif dan berakibat pada mekarnya dinasti politik hingga menimbulkan diskriminasi dalam partisipasi politik. Persoalan lainnya adalah ruang inklusi yang belum terbuka sepenuhnya bagi keterlibatan perempuan dan kaum muda membuat partai politik hanya hadir untuk segelintir orang saja.

Terbatasnya ruang gerak kaum muda terlihat dari rendahnya tingkat partisipasi mereka dalam pemilihan umum hingga minimnya jumlah individu muda yang menduduki jabatan dalam struktur kepengurusan partai politik. Hal ini sebenarnya menjadi persoalan bagi rezim demokrasi. Ketika partai politik gagal dalam mendorong inklusi pemuda, maka akan berakibat pada terhambatnya regenerasi pemimpin di masa depan.

Oleh karena itu, untuk membahas lebih lanjut permasalahan tersebut, The Indonesian Institute (TII), Center for Public Policy Research akan menggelar diskusi publik daring The Indonesian Forum Seri 73” bertajuk, “Reformasi Partai dan Inklusi Anak Muda”. Diskusi ini juga sebagai bagian diseminasi hasil studi kami tentang “Penguatan Kelembagaan Partai Politik untuk Menjadi Inklusif, Relevan, dan Responsif”. Studi ini merupakan kolaborasi bersama TII dengan empat LSM lainnya di Indonesia. Mereka adalah: Atmawidya Alterasi Indonesia / AAI (Yogyakarta), Averroes (Malang), Droupadi (Bandung), dan Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP (Makassar).

Hari, tanggal       :  Rabu, 21 April 2021

Waktu                  :  14.00 – 16.00 WIB

Tempat                 :  Aplikasi Zoom Meeting The Indonesian Institute

Pengantar diskusi oleh:

  1. Adinda Tenriangke Muchtar, Direktur Eksekutif The Indonesia Institute
  2. Faldo Maldini, Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  3. Amul Hikmah Budiman, Ketua Banteng Muda Indonesia Kabupaten Maros

Moderator: Rifqi Rachman, Peneliti Bidang Politik, The Indonesian Institute

Download Materi dan Rangkuman :

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [294.68 KB]

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [3.76 MB]

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [2.42 MB]

 

 

Komentar