Paste your Google Webmaster Tools verification code here
Foto TII.

The INDONESIAN FORUM Seri 32 “SERI KHUSUS LAUNCHING HASIL MEDIA MONITORING KAMPANYE PEMILU 2014”

Laporan Media Monitoring Kampanye Pemilu 2014_TII_FinalThe INDONESIAN FORUM Seri 32: SERI KHUSUS LAUNCHING HASIL MEDIA MONITORING KAMPANYE PEMILU 2014 THE INDONESIAN INSTITUTE”

Hari, tanggal    :  Senin7 April 2013

Waktu                 :  14.00-16.00 WIB

Tempat               :  Gd The Indonesian Institute, Jl Wahid Hasyim 194 Kp Bali Jakarta Pusat.

Fokus Diskusi  : Menyimak Pemberitaan Partai Politik Di Masa Kampanye Terbuka Pemilu 2014

Di masa kampanye terbuka media massa menjadi sarana strategis bagi partai politik untuk menyampaikan pesan politiknya baik melalui iklan maupun pemberitaan. Iklan dan pemberitaan melalui media massa sangat signifikan dalam mendongkrak popularitas calon dan mempengaruhi preferensi pemilih.

Pentingnya media massa dalam kampanye dikarenakan, pertama, daya jangkaunya yang luas dalam menyebarkan informasi politik, yang mampu melewati batas geografis, kelompok, umur, jenis kelamin dan status sosial-ekonomi serta paham atau ideologi. Melalui media massa, sebuah iklan atau pemberitaan politik menjadi perhatian publik.

Kedua, kemampuannya mengatur kualitas dan kuantitas pesan kampanye melalui iklan maupun pemberitaan. Sebuah iklan atau pemberitaan bisa ditingkatkan melalui jumlah eksemplar pada majalah dan surat kabar, juga bisa diulang-ulang penyiarannya oleh televisi.

Hal ini akan menimbulkan dampak yang sangat besar dalam masyarakat di masa kampanye ini. Ditambah lagi adanya konfigurasi kepentingan media terhadap parpol yang dapat bekerja sebagai mesin politik di masa kampanye ini. Oleh karena itu sangat penting untuk menyimak pemberitaan sejumlah media selama tahap kampanye terbuka ini. pada 16 Maret s/d 5 April 2014. Diperlukan riset media monitoring iklan dan pemberitaan di media massa selama masa kampanye ini.

Pertanyaan media monitoring yang dilakukan:

  1. Bagaimana frekuensi pemberitaan parpol di media massa selama kampanye terbuka?
  2. Bagaimana peta isu-isu terkait partai politik selama kampanye terbuka?
  3. Bagaimana tone pemberitaan sejumlah parpol di media massa selama kampanye terbuka?

Pemapar hasil media monitoring TII: Tim The Indonesian Institute

 

Komentar