Paste your Google Webmaster Tools verification code here
Foto Teropongsenayan.com

Masyarakat Betawi Masih Inginkan Sosok Cagub Putra Daerah.

JAKARTA – Sejarawan Betawi JJ Rizal menyatakan calon gubernur putra daerah masih berpeluang kuat untuk menarik simpati masyarakat Ibu Kota.

Hal itu, kata Rizal lantaran masyarakat Betawi asli masih punya mimpi untuk menjadikan putra daerah sebagai gubernurnya. “Itulah alasan mengapa mereka tetap menjagokan calon gubernurnya asli orang Betawi,” kata JJ Rizal usai diskusi di gedung Indonesian Institute, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2012).

Meskipun, menurut catatan Sensus BPS tahun 2000 juga data riset LP3ES, jumlah etnis Betawi menempati urutan dua di Jakarta, setelah orang Jawa.

Bahkan, terkait segmentasi Betawi itu, jelas JJ Rizal, sebenarnya sudah habis sejak lama, disebabkan faktor migrasi. Lalu muncul lagi pada masa Ali Sadikin.

Akan tetapi, segmentasi itu masih ada. Bahkan Rizal yakin calon gubernur incumben Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, keduanya adalah putra daerah bisa menarik simpati masyarakat Betawi.

“Fauzi Bowo adalah keturunan kelompok Betawi yang memiliki pangkat, ditambah Nachrowi Ramli yang Betawi pinggiran, ini menjadi semakin kuat,” jelas Rizal.

Begitupun dari jalur independen, Biem Benjamin (calon wakil gubernur) dari Cagub Faisal Basrie bisa diandalkan untuk merebut hati publik Jakarta.

“Saya melihat Faisal memilih Biem Benjamin untuk mengambil sisi Betawinya, tetapi sayangnya tidak terlalu digemborkan,” jelas Rizal. Padahal, menurutnya itu bisa membantu.

Sumber: Okezone.com.

Komentar