Paste your Google Webmaster Tools verification code here
Foto Akurat.co

Hal Ini Jadi ‘PR’ Bagi Calon Menteri Ekonomi Jokowi Jilid II

Tantangan kinerja perpajakan pemerintah Indonesia juga menjadi PR bagi calon Menteri bidang perekonomian Indonesia jilid 2.

Pasalnya selain soal pertumbuhan ekonomi,  tantangan berikutnya juga datang dari kinerja perpajakan. Adapun selama periode 2012-2018 tax ratio Indonesia mengalami tren penurunan.

“Dimana pada tahun 2012, tax ratio Indonesia mampu menyabet angka 14,6 persen. Namun pada tahun-tahun berikutnya angka ini terus tergerus hingga 1-2 persen setiap tahunnya,”ujar Ekonom The Indonesian Institute, M. Rifki Fadilah di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Rifki juga mengingatkan ada tantangan dari sektor luar negeri yang patut menjadi perhatian bersama. Terakhir, kita juga tidak boleh lengah dengan masalah neraca transaksi berjalan yang selalu defisit.

“Neraca dagang dibebani oleh tingginya impor minyak dan gas sehingga nilai surplusnya tidak kuasa menutup defisit neraca jasa. Imbasnya, perekonomian bergantung pada arus dana dari neraca modal dan neraca finansial yang mudah sekali berpindah,” paparnya.

Menurutnya hal inilah PR bersama yang harus dikerjakan oleh calon-calon menteri bidang perekonomian Joko Widodo (Jokowi) Jilid 2. Dirinya mengingatkan perlu adanya kebijakan yang saling mendukung satu sama lain.

Dengan sineginitas itu dirasa pekerjaan rumah dan tantangan bidang ekonomi tersebut dapat diatasi. Dan visi-misi Jokowi pun dapat tinggal landas dengan mulus sebelum tongkat estafet kepemimpinanannya diserahkan ke generasi berikutnya.

“Saya rasa ini adalah kerja bersama semua calon-calon menteri bidang perekonomian jilid 2. Para calon menteri-menteri bidang perekonomian tadi harus mampu bersinergi, jangan membuat kebijakan yang timpang tindih. Semuanya harus senada dan seirama untuk mewujudkan visi-misi Jokowi 5 tahun ke depan. Saya harap PR yang tadi saya sebutkan sudah tidak lagi dibahas paska jokowi benar-benar selesai menjabat menjadi presiden,”pungkasnya.

Sumber: Akurat.co

Komentar