Update Indonesia — Volume XV, No.2 – Februari 2021 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia — Volume XV, No.2 – Februari 2021 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia — Volume XV, No.2 – Februari 2021 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Februari 2021 mengangkat laporan utama mengenai polemik tentang usulan pembubaran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KASN sebagai lembaga non-struktural (LNS) bertugas untuk mengawasi penerapan sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN. Penegakan sistem merit melalui KASN banyak direspons positif oleh ASN yang mengalami tindakan sewenang-wenang. Terlebih, iklim birokrasi Indonesia memang masih rawan tindak korupsi dan jual beli jabatan. Oleh karena itu, usulan pembubaran KASN oleh DPR perlu ditinjau kembali melalui evaluasi kinerja yang komprehensif.

Di bidang hukum, Update Indonesia membahas tentang pentingnya harmonisasi UU Pemilu dalam rangka mencegah praktik politik uang dalam pemilu dan pilkada. Reformasi dan harmonisasi regulasi diperlukan agar dapat memberikan efek jera bagi para pihak yang terlibat politik uang. Selain itu, kami membahas tentang pasal-pasal yang diskriminatif dalam Rancangan Undang-Undang Pemilu (RUU Pemilu).

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang rencana Kepolisian Republik Indonesia membuat polisi dunia maya (virtual police) yang bertugas mengampanyekan pentingnya keamanan data pribadi. Selain itu, kami juga membahas tentang keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengakomodir kepentingan partai politik ke dalam pemerintahan. Lantas, bagaimana nasib masyarakat ke depan ketika kekuasaan berjalan tanpa pengawasan berarti dan keseimbangan? Selanjutnya, kami membahas tentang polemik UU Pemilu. Revisi UU Pemilu diharapkan dapat menjadi pintu masuk untuk memperbaiki kualitas pemilu.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang masih adanya kekerasan yang di lakukan oleh oknum polisi. Kekerasan yang dilakukan jauh dari fungsi polisi sebagai pengayom dan prinsip kepolisian demokratis. Selanjutnya, kami membahas tentang penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PJJ didesain untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Namun adanya fakta bahwa banyak anak yang bermain dengan teman sebaya mereka tanpa protokol kesehatan di masa PJJ, justru dapat menyebabkan klaster penyebaran COVID-19 tersendiri.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

Komentar