Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XV, No.1 – Januari 2021 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Januari 2021 mengangkat laporan utama mengenai kondisi ekonomi Indonesia khususnya dari sisi permintaan dan memberikan peta jalan alternatif apa yang dapat diambil untuk keluar dari krisis. Pemulihan ekonomi akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, di sinilah peran pemerintah harus masuk ke pasar dengan justifikasi adanya kegagalan pasar yang harus segera diatasi.

Di bidang hukum, Update Indonesia membahas tentang keputusan Pemerintah yang secara tegas telah menyatakan pelarangan serta penghentian segala bentuk kegiatan dan penggunaan atribut Front Pembela Islam (FPI). Selain itu, kami membahas tentang kebijakan vaksinisasi dari sudut pandang kajian hukum dan maraknya berita bohong yang mengiringi kebijakan tersebut.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pelindungan Data Pribadi (PDP) yang kebutuhannya begitu mendesak. Namun permasalahannya, pembahasan RUU tersebut malah tertahan di DPR.  Selain itu, kami juga membahas tentang keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengakomodir kepentingan partai politik ke dalam pemerintahan. Lantas, bagaimana nasib masyarakat ke depan ketika kekuasaan berjalan tanpa pengawasan berarti dan keseimbangan? Selanjutnya, kami membahas tentang polemik kebijakan vaksin di masyarakat. Polemik ini ditengarai akibat lemahnya sosialisasi kebijakan dalam pelaksanaan kebijakan vaksin di Indonesia.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang dukungan bagi keluarga dan anak harus menjadi salah satu perhatian oleh pemerintah dan aktor terkait lainnya agar mereka dapat bertahan dan berkembang di masa krisis saat ini. Selanjutnya, kami membahas tentang perkembangan sistem digital kesehatan membawa kabar baik di tengah perjuangan melawan COVID-19. Sejumlah langkah prioritas perlu dikejar agar sistem digital dapat memberikan dampak signifikan dalam menekan penyebaran COVID-19. Selain itu, kami membahas tentang pentingnya meninjau kembali jalannya collaborative sandbox Jakarta Smart City (JSC) untuk memperkuat fungsi yang dijalankan selama pandemic. Kemudian, kami juga membahas tentang reformasi perlindungan sosial melalui desain ulang bantuan social.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [495.53 KB]

Komentar