Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIII, No.8 – Agustus 2019 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Agustus 2019 mengangkat laporan utama mengenai penguatan peranan aktor-aktor strategis jelang rekrutmen Aparat Sipil Negara di tahun 2019. Tema ini sangat relevan karena tahun ini sekitar 200.000 lowongan akan dibuka. Oleh karena itu, jelang pembukaan rekrutmen ini, penguatan sinergi antar aktor diperlukan untuk menunjang kesiapan dan keberhasilan rekrutmen ASN 2019.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini membahas tantangan menteri bidang ekonomi dalam kabinet Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin selama lima tahun ke depan. Selain itu, kami juga membahas tentang manfaat kerjasama perdagangan antara Indonesia dengan Uni Eropa yang diberi tajuk Indonesia-European Union Comprehensive Economic Agreement (I-EU CEPA).

Di bidang hukum, kami membahas tentang Amnesti yang diberikan kepada Baiq Nuril Maknun. Amnesti yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Baiq menjernihkan ketidakadilan yang terjadi dibalik potret penegakan hukum kita yang masih dikeruhkan dengan pandangan yang lebih mengedepankan kepastian hukum diatas keadilan. Selain itu, kami juga membahas tentang kasus kekerasan yang dialami oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, yang memasuki babak baru setelah kasusnya dibawa ke dalam berbagai pembicaraan forum Internasional.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang persaingan antar partai politik dalam memperebutkan posisi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Selain itu, kami membahas tentang wajah-wajah baru yang mendominasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Tema ini relevan untuk dibahas karena terpilihnya wajah-wajah baru diharapkan dapat mengembalikan DPD kembali kepada marwahnya. Kemudian, kami juga membahas tentang polemik yang terjadi dalam pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang hak atas pekerjaan layak bagi para penyandang disabilitas. Tema ini relevan dibahas karena masih terjadinya diskriminasi terhadap penyandang disabilitas. Salah satunya adalah pencoretan nama drg. Romi Syofpa Ismael dari daftar hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipili (CPNS) 2018 di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Selain itu, Update Indonesia kali ini juga membahas tentang tantangan isu gender dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf, termasuk soal kebijakan dan anggaran yang responsive gender.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Download Update Indonesia — Volume XIII, No.8 – Agustus 2019 (Bahasa Indonesia)

Komentar