Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia-Volume XII No. 10-November Desember 2018 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi November-Desember 2018 secara umum mengangkat 4 tahun kinerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Laporan Utama mengangkat tema sejauh mana pemajuan dan penegakan HAM di masa kepemimpinan Jokowi-JK selama 4 tahun. Di era Jokowi-JK penegakan dan pemenuhan HAM memang belum menjadi prioritas. Namun, terdapat sejumlah catatan yang sudah dilaksanakan dan patut diapresiasi, yakni terkait isu sumber daya alam, hak ekonomi, dan sosial termasuk hak atas air, dan hak atas keadilan.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas empat isu, yakni evaluasi kebijakan pengelolaan sampah di DKI Jakarta; dan topik tentang perbatasan dan kedaulatan nasional di era Jokowi-JK. Topik ini diusung untuk melihat sejauh mana Jokowi-JK merealisasikan janjinya untuk lebih memperhatikan perbatasan. Dua topik politik lainnya yang ditulis terkait memperingati Hari Toleransi Internasional dalam bingkai kerukunan umat beragama di Indonesia dan target energi terbarukan Indonesia.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia membahas tentang efektivitas penyaluran dana KUR. Didalamnya memuat isu tentang bagaimana perkembangan skema program KUR di Indonesia, orientasi program KUR, dan perkembangan penyaluran kredit dan jumlah debitur UMKM. Topik ekonomi lainnya yang diangkat dalam Update Indonesia akhir tahun ini adalah tentang kinerja investasi 4 tahun Pemerintahan Jokowi-JK.

Di bidang sosial, Update Indonesia kali ini mengangkat tiga topik, yakni terkait terus meningkatnya prevalensi remaja merokok (10-18 tahun) di Indonesia; menakar 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK dari aspek jaminan sosial, dan stunting di tahun politik. Isu terakhir mengenai stunting yang hendak melihat sejauh mana para kandidat Presiden dan Wakil Presiden di pemilu mendatang memahami isu stunting dan menjadikannya sebagai bagian dari konten kampanye di aspek kesehatan.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual 2 dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Download Update Indonesia-Volume XII No. 10-November Desember 2018 (Bahasa Indonesia)

Download Update Indonesia-Volume XII No. 10-November Desember 2018 (Bahasa Indonesia)

Komentar