Paste your Google Webmaster Tools verification code here
Foto TII.

The INDONESIAN FORUM Seri 20 “Pluralisme di Indonesia: Kekuatan atau Tantangan?”

Hari, tanggal      :   Rabu, 5 September 2012

Tema                    : Pluralisme di Indonesia:  Kekuatan atau Tantangan?

Fokus Diskusi    :

Dalam sejarah bangsa Indonesia, semua  rakayat menyadari betul bahwa meskipun mereka adalah di bawah satu Indonesia, namun mereka masih memakai entitas mereka yang ”asli/genuine” dalam konteks suku, agama serta kepercayaan, bahasa, adat dan sebagainya. Sejatinya, keragaman tidak menimbulkan perselisihan, namun menjadi sumber kekayaan bangsa yang mengarahkan bangsa untuk maju dalam harmoni.

Namun, kenyataan miris kita temui saat ini. Banyak konflik terjadi seperti kasus Sampang karena perbedaan. Bagaimana kelompok agama yang satu menolak kelompok agama yang lain, bahkan dengan tindakan anarkis. Bagaimana satu etnis, didiskriminasi ketika memasuki wilayah etnis yang lain. Bagaimana isu SARA menjadi komoditas politik dan alat untuk menguasai akses ke sumber daya ekonomi maupun politik yang menyesatkan publik dalam memaknai pluralisme di Indonesia.

Terkesan kemudian, bahwa tidak ada lagi semangat kebersamaan sebagai suatu bangsa, sementara kepentingan kelompok cenderung menjadi tujuan utama. Pluralisme di Indonesia kemudian tidak hanya menjadi terancam, namun juga mengancam kesatuan dan perdamaian, serta kemajuan di negeri ini.

 Bahan Diskusi:

1.    Bagaimana realitas objektif dari pluralisme/keberagaman di Indonesia saat ini? Memperkuat atau mengancam persatuan bangsa?

2.    Apa yang menjadi faktor-faktor dominan dari akar persoalan kita dan siapa pemangku kepentingan yang sangat terkait ke penciptaan realitas objektif pluralisme di Indonesia saat ini?

3.    Langkah-langkah strategis apa dan oleh siapa yang sebaiknya diambil agar realitas pluralisme di Indonesia menjadi kekuatan untuk kemajuan bangsa?

Pengantar diskusi oleh:

GKR Hemas, Ketua II DPD RI
Endang Kusumajadi, Direktur Politik Dalam Negeri, Direktorat Politik Dalam Negeri, Kemendagri
Radhar Panca Dahana, Budayawan
Velix Wanggai, Staff Khusus Presiden bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah

Moderator :

Jaleswari Pramodhawardani, Anggota Dewan Penasehat TII

Materi The Indonesian Forum-The Indonesian Institute-Direktur Materi The Indonesian Forum-The Indonesian Institute_Sinergi THE INDONESIAN FORUM_Rangkuman Diskusi_Seri 20

Komentar