Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Mayoritas Parpol Daftar Minggu Depan

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga hari menjelang pendaftaran dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum satu pun partai yang mendatangi KPU. Rupanya, mayoritas partai politik (parpol) akan mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) minggu depan.

Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay mengatakan KPU sudah proaktif menghubungi partai-partai untuk mengetahui kejelasan waktu pendaftaran. Menurutnya, hampir seluruh parpol belum secara pasti menjawab dan menentukan waktu pendaftaran.

“Banyak partai yang hanya menyebutkan waktu perkiraan saja,” tegasnya dalam diskusi Kesiapan Parpol Peserta Pemilu Mnejelang DCS yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute, di Jakarta, Kamis (11/4).

Hadar melanjutkan, beberapa partai memang sudah menyebut waktu pendaftaran seperti PKS yang kemungkinan mendaftar pada 12 April, PAN 15 April, PPP 22 April, Hanura 17 April, Gerindra 20 April.

Sedangka parpol lain akan mendaftar dalam interval waktu tertentu seperti NasDem akan mendaftar antara tanggal 11-22 April, PKB 15-20 April, Demokrat 16-18 April, PKPI 18-20 April, PKB 17-22 April. PDIP masih belum pastikan waktu pendaftaran dan Golkar akan mendaftar setelah menunggu rapat. “Tapi ini masih perkiraan saja. Bisa saja berubah,” ujar Hadar.

Sekretaris Fraksi PKB Hanif Dhakiri mengatakan, PKB saat ini sudah rampung menyeleksi calegnya. Namun, masih membutuhkan waktu untuk benar-benar memastikan bahwa semua berkas benar-benar telah siap. PKB akan mendaftar sekitar tanggal 15-20 April.

Hanif mengatakan, untuk komposisi caleg, PKB akan memfokuskan 70 persen caleg dari NU dan 30 persen dari luar misalnya artis, pengusaha dan lainnya. Parea caleg telah dinilai integritas, kompetensi dan elektabilitasnya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum DPP PPP, Suharso Monoarfa mengatakan, PPP akan mendaftarkan bakal caleg pada tanggal 22 April. Saat ini, PPP memang sudah rampung menyiapkan berkas bakal caleg. PPP memilih waktu terakhir agar persiapan makin matang dan sama sekali bukan karena ada kendala pencalegkan. “Kami sudah siap,” ujarnya. (Herybertus Lesek)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/11/1/145900/Mayoritas-Parpol-Daftar-Minggu-Depan

Komentar