Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Indonesia Report 2015

Sebagai bagian integral dari proses pembangunan yang komprehensif, mobilitas penduduk di suatu wilayah sudah sejatinya tidak dapat dikesampingkan. Tingginya tingkat mobilitas sebuah daerah sudah sewajarnya harus dikomplementerkan dengan ketersediaan angkutan publik yang memadai, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Alhasil, eksistensi dari hadirnya transportasi masal merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan proses pembangunan. Berkaca dari tesis tersebut, jika memperhatikan kondisi yang ada di Indonesia, terutama Jakarta, kenyataan di lapangan menunjukan bahwa angkutan publik belum menjadi pilihan utama masyarakat. Hal ini karena secara kuantitas dan kualitas angkutan publik memang belum memadai.

Permasalahan transportasi di Ibu Kota kerap kali menyedot banyak perhatian publik. Kondisi layanan angkutan yang masih jauh dari kata layak baik secara kualitas maupun kuantitas armada yang tersedia menjadi permasalahan yang mengganggu mobilitas masyarakat. Padahal mobilisasi merupakan salah satu kunci dari keberhasilan sebuah pembangunan negara.

Permasalahan transportasi publik di Jakarta bukan hanya berkaitan dengan kuantitas dan kualitas armada, tapi juga menyangkut manajemen pengelolaan dan termasuk ke dalamnya aspek Sumber Daya Manusia (SDM) transportasi itu sendiri.

TII – Indonesia Report 2015

Download

Komentar