Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIV, No.10 – Oktober 2020 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Oktober 2020 mengangkat laporan utama mengenai resesi ekonomi yang melanda di berbagai negara dan Indonesia akibat pandemi COVID-19. Pada bulan September 2020, setidaknya sudah ada 18 negara yang masuk ke dalam jurang resesi akibat pandemi COVID-19. Misalnya, di kawasan Asia, ekonomi Singapura mengalami resesi setelah kontraksi dua kuartal berturut. Hal ini juga terjadi di Indonesia, masyarakat cemas akan keadaan ekonomi ke depannya, terlebih dengan adanya sentimen dan pemberitaan negara-negara yang mengalami resesi. Implikasinya, masyarakat menahan konsumsinya, yang ikut mempengaruhi kondisi perekonomian di Indonesia.

Di bidang hukum, Update Indonesia membahas tentang keberlanjutan penyelenggaraan Pilkada 2020 di tengah peningkatan penyebaran COVID-19. Legalitas penetapan penyelenggaraan Pilkada serentak di bulan Desember nanti, secara normatif dapat dinyatakan telah hilang dan batal demi hukum. Bahkan, dapat dianggap bertentangan dengan Perppu No. 2 Tahun 2020, jika penyelenggaraannya tetap bersikeras dilanjutkan. Selain itu, kami membahas tentang peran dan kinerja Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di bidang politik, Update Indonesia membahas Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Calon Kepala Daerah pada Pilkada 2020. LADK sangat penting untuk diperhatikan karena laporan ini diharapkan menjadi titik awal bagi masyarakat untuk menilai kandidat mana yang memiliki komitmen dalam menjalankan prinsip transparansi nantinya jika terpilih. Selain itu, kami juga membahas tentang memperkuat penyelenggara Pilkada 2020 di daerah.   Selanjutnya, kami membahas ketentuan kampanye Pilkada 2020 dengan keluarnya PKPU Nomor 13 Tahun 2020. Kemudian, kami juga membahas tentang pemanfaatan “big data” dalam sektor pemerintahan di Indonesia, sekaligus tantangan dalam pemanfaatannya.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang peringatan Hari Kesehatan Jiwa di tengah pandemi COVID-19. Hari Kesehatan Jiwa di tengah pandemi menjadi refleksi penting terkait dengan potret pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan jiwa di Indonesia. Selain itu, kami membahas tentang upaya memutus rantai COVID-19. Lebih jauh, kami juga membahas tentang dampak sosio-ekonomi pandemi COVID-19 terhadap perempuan.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [479.03 KB]

Komentar