Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIII, No. 6 – Juni 2019 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Juni 2019 mengangkat laporan utama mengenai sengketa perselisihan hasil pemilihan presiden 2019. Tema ini sangat relevan karena pasangan Prabowo-Sandi selaku pasangan calon (paslon) dengan nomor urut 02, membawa keberatan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Keberatan paslon 02 itu, ialah menyoal dugaaan pelanggaran Terstruktur, Sistematif dan Masif (TSM) yang ditujukan kepada Jokowi-Ma’ruf, selaku paslon dengan nomor urut 01.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini membahas tentang menyoal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia. HKI atau Intelectual Property Right (IPR) merupakan sesuatu yang sangat penting guna mendorong inovasi dan meningkatkan daya saing produk-produk, yang juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Selain itu, pada bidang ekonomi, juga membahas tentang ujian konsistensi sektor pariwisata Indonesia. Hal ini cukup relevan, karena dalam sepuluh tahun terakhir sektor pariwisata Indonesia terus menggeliat dan di proyeksikan mampu membawa angin segar di tengah sektor migas dan nonmigas yang kian terpuruk.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tema tentang melihat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Tema ini relevan untuk dibahas karena berdasarkan data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), tingkat partisipasi mencapai 81 persen. Angka peningkatan partisipasi menjadi catatan positif di tengah rapor merah pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

Selanjutnya, bidang politik juga membahas tentang potret hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Pelaksanaan Pileg 2019 pertama kali diselenggarakan secara serentak bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden. Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara terlihat dinamika perolehan suara partai politik di Pileg 2019.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang peran Pemerintah daerah (pemda), Era JKN dan Otonomi Daerah. Hal ini relevan untuk dibahas karena Pemda menjadi salah satu aktor penting dalam implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di era Otonomi Daerah saat ini. Selain itu, kami juga membahas tentang kesehatan jiwa pada perempuan dan budaya di Indonesia. Keterkaitan perempuan dan budaya menjadi salah satu perspektif untuk melihat isu kesehatan jiwa saat ini. Berbagai kajian menunjukkan bahwa perempuan mengalami kerentanan maupun telah menjadi penyandang disabilitas psikososial lebih besar dari laki-laki.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Download Update Indonesia — Volume XIII, No. 6 – Juni 2019 (Bahasa Indonesia)

Komentar