Paste your Google Webmaster Tools verification code here

The INDONESIAN FORUM Seri 28 “Permukiman Layak di Jakarta, Mungkinkah ? (1 Tahun Jokowi-Ahok) “

Hari, tanggal      :   Kamis, 7 November 2013

Waktu                 :  14.00-16.00 WIB

Tempat               :  Gd The Indonesian Institute, Jl Wahid Hasyim 194 Kp Bali Jakarta Pusat.

Per 15 Oktober 2013 lalu, tepat 1 tahun Pemerintahan Jokowi-Ahok di DKI Jakarta. Permasalahan permukiman adalah salah satu persoalan yang disorot sejak di visi, misi hingga program-program prioritas mereka. Ada beberapa rencana program Jokowi-Ahok  terkait permukiman yang di satu tahun umur pemerintahan mereka sudah mulai direalisasikan. Misalnya terkait peremajaan permukiman kumuh, merevitalisasi rumah susun yang sudah ada di wilayah Jakarta dan lain sebagainya.

Persoalan permukiman sebagaimana yang kita ketahui bersama tak terlepas dengan permasalahan lainnya seperti transportasi, ruang terbuka hijau, kesehatan dan bahkan ke persoalan otoritas pembangunan pusat-daerah maupun DKI Jakarta dengan daerah-daerah di sekitarnya (Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Tangerang Selatan). Oleh karena itu penanganan bidang permukiman juga diharapkan tidak parsial permukiman, tetapi juga holistik melihat persoalan-persoalan terkait lainnya di atas.

Bahan Diskusi:

  1. Bagaimana progress pembangunan permukiman di Jakarta selama 1 tahun ini?
  2. Dari sejak perencanaan hingga pelaksanaan program-program pembangunan permukiman di Jakarta, pihak-pihak mana saja yang (seharusnya) diajak berkoordinasi ? Kenapa mereka dan untuk hal apa diajak berkoordinasi ?
  3. Apa saja kendala-kendala (yang dihadapi dan yang potensial dihadapi) dalam pelaksanaan program-program terkait permukiman ?
  4. Rekomendasi agar pembangunan permukiman di Jakarta layak dan mendukung program-program pembangunan lainnya (tata ruang, kesehatan, pendidikan dll)?

 

Pengantar diskusi oleh:

  1. Novizal, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah DKI Jakarta
  2. Yayat Supriyatna, Pakar Tata Ruang Universitas Trisakti
  3. Sanusi, Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi D, Ketua Fraksi Partai Gerindra  

 

Moderator :

Jaleswari Pramodhawardani, Anggota Dewan Penasihat TII

 

Salam,

Adinda Tenriangke Muchtar            

Direktur Program TII

THE INDONESIAN FORUM_Rangkuman Diskusi_Seri 28_ 07November 2013 Bahan Presentasi Yayat Supriyatna_The Indonesian Forum Seri 28 Tema Permukiman Layak di Jakarta

Komentar