Paste your Google Webmaster Tools verification code here

PSBB Transisi Bikin Ekonomi Jakarta Bangkit Lagi

PENELITI Bidang Ekonomi The Indonesian Institute, M. Rifki Fadilah menilai perekonomian di Jakarta terlihat mulai bangkit (rebound) lagi. Usai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi sejak 12 Oktober lalu hingga saat ini.

Menurutnya, hal ini bisa berkaca pada penerapa PSBB Transisi pada Juni 2020 lalu. Di mana terjadi pembaikan ekonomi yang cukup signifikan hingga Agustus 2020. Menurut pengamatan Rifki, saat ini perekonomian Jakarta terlihat sudah membaik dan terjadi pembalikan ekonomi menuju baseline seperti bulan Juni 2020 tersebut.

“Implikasi dari PSBB Transisi saat ini adalah mobilitas masyarakat mulai meningkat dan ekonomi Jakarta memiliki probabilitas akan pulih berangsung-angsur,” kata Rifki saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (13/11).

The Indonesian Institute pun mencatat beberapa sektor ekonomi yang mengalami kebangkitan di tengah PSBB Transisi. Di antaranya, sektor pasar tradisional dan UMKM karena para pelaku usaha ini tidak memiliki pilihan untuk tidak buka. Terlebih masyarakat kelas bawah daya belinya masih rendah sehingga pasar tradisional dan UMKM menjadi pilihan tempat mereka membelanjakan uangnya.

Namun, bagi pelaku UMKM yang berjualan di sekitar arena perkantoran mungkin masih belum mengalami peningkatan. Karena perkantoran di DKI Jakarta masih memberlakukan maksimal 50% untuk work from office, sisanya work from home. Alhasil demand terhadap UMKM di daerah perkantoran juga tidak begitu membaik signifikan.

Rifki juga memprediksi pada kuartal 4 (Q4) 2020 akan terjadi perbaikan ekonomi lagi. Apalagi jika tidak ada kebijakan diskresi untuk memperketat PSBB. Maka kemungkinan rebound perekonomian lebih baik dibandingkan Q3 sangat terbuka lebar.

“Q4 DKI Jakarta memiliki probabilitas untuk mengalami perbaikan lagi seiring dengan pengenduran PSBB di Dki Jakarta. Karena Q4 itu kan dihitung dari Oktober, November, Desember. Kalau tidak ada kebijakan diskresi PSBB Ketat lagi probabilitas untuk rebound lebih baik dari Q3 terbuka lebar,” pungkasnya. (OL-13)

https://mediaindonesia.com/read/detail/360652-psbb-transisi-bikin-ekonomi-jakarta-bangkit-lagi

Komentar