Kebebasan Ekonomi Indonesia Tahun 2021 – Rifki Fadilah – The Indonesian Institute

Indonesia Report 2021 kembali mengangkat tema Kebebasan Ekonomi Indonesia Tahun 2021. Sebagaimana diketahui bahwa tahun 2021 merupakan tahun kedua pandemi COVID-19. Di tahun ini, keadaan dunia sudah mulai membaik. Dari sisi kesehatan, vaksin sudah ditemukan dan sudah didistribusikan ke berbagai dunia. Sementara dari sisi ekonomi, beberapa negara juga sudah mulai menunjukkan adanya pemulihan, termasuk Indonesia.

Kendati demikian, banyak negara masih bergantung pada upaya pemerintah untuk membawa perekonomian ke siklus yang normal. Besarnya porsi pemerintah di dalam perekonomian tahun ini dikhawatirkan akan mengancam kebebasan ekonomi. Kebebasan ekonomi dipandang sebagai jalan menuju kemakmuran yang lebih menekankan kepada kebebasan individu untuk memutuskan sendiri bagaimana pilihan yang terbaik untuk mencapai cita-cita dan aspirasi setiap individu. Di sisi lain, di tengah pandemi ini, peranan pemerintah menjadi lebih dominan. Sebaliknya, peranan individu dalam perekonomian di tahun ini justru mengalami kontraksi yang cukup signifikan.

Lebih jauh, untuk memperkaya dan mempertajam analisis dari indeks kebebasan ekonomi yang ada, kajian ini juga memasukkan indikator utang di Indonesia yang meningkat selama pandemi COVID-19 karena membengkaknya pengeluaran pemerintah dan menurunnya penerimaan negara.

 
Terlampir, Indonesia Report 2021 tentang Kebebasan Ekonomi Indonesia.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

Komentar