Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Dampak Positif Bantuan Subsidi Upah Mulai Terlihat

PENELITI bidang ekonomi The Indonesian Institute, M Rifki Fadilah, menilai bantuan subsidi upah (BSU) dampak positifnya sudah terlihat.

“Dampak pemberian BSU untuk buruh/pekerja salah satu jalur melihatnya bisa dari Survei Konsumen Bank Indonesia (BI),” kata Rifki saat dihubungi, Selasa (22/12).

Pada November 2020 Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) meningkat berada di angka 92, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya di posisi 79.

“Angka tersebut hampir mendekati zona optimistis pada level 100. Apa artinya? yang sudah mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik,” jelasnya.

Menurut Rifki salah satu yang menyebabkan IKK tersebut naik karena adanya pengeluaran pemerintah melalui skema bansos atau pun BSU yang memberikan buruh/pekerja daya untuk melakukan konsumsi.

“Selain itu, dampak positif BSU juga bisa dilihat dari inflasi yang trennya semakin membaik dari bulan ke bulan menuju 2%,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia selama pandemi covid data inflasi terendah terjadi pada Agustus 2020 berada di posisi 1,32%. Kemudian terus merangkak naik hingga November 2020 berada di 1,59%. (OL-4)

https://mediaindonesia.com/ekonomi/370927/dampak-positif-bantuan-subsidi-upah-mulai-terlihat

Komentar