Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIV, No.8 – Agustus 2020 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Agustus 2020 mengangkat laporan utama mengenai pembentukan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Komite tersebut terdiri dari dua satuan tugas (Satgas), yaitu, Satgas Penanganan COVID-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal ini dilakukan mengingat berbagai dampak yang ditimbulkan di tengah laju kenaikan kasus konfirmasi COVID-19.

Di bidang ekonomi Update Indonesia membahas tentang kebijakan moneter yang digawangi oleh BI dengan memangkas suku bunga acuan (BI 7-Days Reverse Repo Rate/BI-7DRRR). Selain itu, kami membahas tentang ancaman resesi ekonomi yang mengintai Indonesia. Beberapa pihak optimis Indonesia akan selamat, namun banyak pihak juga yang pesimis. Diperlukan beberapa langkah kebijakan tepat dan kontekstual yang dapat diambil oleh pemerintah untuk menghadang resesi.

Di bidang hukum, Update Indonesia membahas tentang konstitusionalitas pembatasan politik kekerabatan dalam Pilkada. Kebijakan pembatasan hak politik dalam hal mencegah timbulnya politik kekerabatan, pada dasarnya diperlukan untuk dapat mengimbangi keadilan sosial. Selain itu, kami membahas tentang upaya optimal mengatasi praktik politik uang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Diperlukan sosialisasi yang lebih gencar, dan kerja-kerja penyelenggara pemilu yang lebih berlipat, baik dari sisi pencegahan, pengawasan, maupun penindakan.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang pembahasan tentang Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU-PDP). RUU PDP penting untuk disahkan mengingat kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi penyalahgunaan data pribadi.  Selain itu, kami juga membahas tentang ancaman yang muncul dari tahapan pendaftaran calon dalam Pilkada 2020. Ancaman ini dilatari oleh kenyataan bahwa keterlibatan massa yang ada di momen pendaftaran memunculkan risiko yang besar ditengah semakin merebaknya pandemic COVID-19. Selanjutnya, kami membahas tentang polemik politik dinasti yang masih akan terjadi pada penyelenggaraan Pilkada 2020, bahkan praktiknya berkembang dengan keikutsertaan kerabat dari aktor politik yang memiliki pengaruh besar seperti Presiden dan Wakil Presiden maupun Ketua Umum Partai Politik.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang upaya perlindungan korban kekerasan terhadap perempuan oleh Pemerintah Daerah. Pasalnya, pandemi menoreh sisi lain kondisi perempuan yang semakin ringkih dengan adanya ancaman kekerasan, baik kekerasan fisik, verbal, psikis maupun seksual. Kondisi ini bahkan terjadi di seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu, kami membahas tentang pemulihan sosio-ekonomi bagi penyandang disabilitas.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [879.97 KB]

Komentar