Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIII, No.9 – September 2019 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi September 2019 mengangkat laporan utama mengenai polemik upaya menghidupkan kembali fungsi dan keberadaan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Tema ini sangat relevan karena dengan dihidupkannya kembali wacana GBHN, justru akan merusak dan mengacaukan sistem pemerintahan dan sistem peraturan perundang-undangan yang selama ini telah mengalami perbaikan, serta perjuangan reformasi.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini membahas tentang Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020. RAPBN 2020 menjadi penuh tantangan karena disusun di tengah situasi perekonomian yang sedang mengalami perlambatan. Selain itu, kami juga membahas tentang mitigasi terhadap dampak perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China. Tema ini relevan karena dampak perseteruan ini membuat banyak negara di dunia harus menelan pil pahit berupa hilangnya momentum akselerasi pertumbuhan ekonomi dunia.

Di bidang hukum, kami membahas tentang implementasi Online Single Submission (OSS) atau Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. OSS merupakan sebuah sistem yang adalah bagian dari praktik good governance yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018. Banyak tantangan ditemukan dalam implementasi sistem ini, seperti persoalan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang penyelesaian kasus pelanggaran HAM tragedi 1965. Selain itu, kami membahas tentang pemblokiran akses internet di wilayah Papua. Tema ini relevan untuk dibahas karena kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yang memblokir internet dalam merespon aksi massa yang terjadi di beberapa wilayah Papua. Selain itu, kami juga membahas tantangan tingginya biaya politik pada Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang, terutama terkait peran broker politik.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang meningkatnya representasi perempuan di Parlemen. Tema ini relevan dibahas karena dengan meningkatnya representasi perempuan di Parlemen menjadi peluang untuk memajukan kebijakan inklusif dan adil gender. Selain itu, Update Indonesia kali ini juga membahas tentang polemik kebijakan mendatangkan rektor asing untuk meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi di Indonesia. Di bidang sosial, kami juga membahas tentang tantangan terhadap prioritas kesehatan jiwa, termasuk anggaran kesehatan jiwa yang masih rendah.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Download Update Indonesia — Volume XIII, No.9 – September 2019 (Bahasa Indonesia)

Komentar