The INDONESIAN FORUM Seri 77 – Indonesia Keluar dari Resesi?

BPS secara resmi mengeluarkan laporan pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II-2021. Laporan tersebut menunjukkan bahwa Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada Kuartal II-2021 tumbuh sebesar 7,07 persen (yoy). Variabel lain juga menunjukkan adanya perbaikan, misalnya dari sisi ketenagkerjaan. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) bulan Februari 2021 sebesar 6,26 persen, turun 0,81 persen poin dibandingkan dengan bulan Agustus 2020. Sementara, penduduk yang bekerja sebanyak 131,06 juta orang, meningkat sebanyak 2,61 juta orang dari bulan Agustus 2020. Dari sisi dunia usaha juga sudah mulai menunjukkan adanya ekspansi bisnis. Hal ini tercatat dari PMI Indonesia bulan Juni 2021, yang berada pada posisi 53,5 poin.

Namun, pertanyaan pentingnya: apakah angin segar pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II-2021 ini akan berkelanjutan? Mengingat pada bulan Juli 2021 kemarin, Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan pembatasan sosial secara ketat kembali atau yang dikenal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat ini tentu juga berdampak terhadap mobilitas masyarakat dan membuat beberapa usaha juga harus mengalami pembatasan kembali untuk beroperasi. Dengan demikian, hal ini juga membawa dampak yang tidak mudah bagi ketenagakerjaan Indonesia dan potensi angka pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) kembali terjadi.

Untuk membahas lebih lanjut permasalahan tersebut, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII) akan menggelar diskusi publik daring The Indonesian Forum Seri 77” bertajuk, “Indonesia Keluar dari Resesi?”, dengan mengundang sejumlah pihak yang relevan dan kompeten untuk membahas topik ini.

Bahan Diskusi:

  1. Bagaimana kondisi makroekonomi Indonesia selama kuartal II-2021 ini?
  2. Bagaimana perkiraan dampak PPKM Darurat terhadap perekonomian Indonesia?
  3. Bagaimana kondisi ketenagakerjaan di Indonesia selama pandemi COVID-19?
  4. Bagaimana perkiraan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia ke depan pasca kebijakan PPKM Darurat?
  5. Bagaimana kondisi dunia usaha selama pandemi COVID-19?
  6. Bagaimana perkiraan kondisi dunia usaha pasca kebijakan PPKM Darurat?
  7. Bagaimana kebijakan yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk dunia usaha dan ketenagakerjaan di Indonesia? Rekomendasi kebijakan apa yang dapat ditawarkan ke depannya untuk dunia usaha dan ketenagakerjaan di Indonesia terutama di masa pandemi ini?

 

Pengantar diskusi oleh:

  1. Kosmian Pudjiadi, Dewan Pertimbangan PHRI
  2. Ninasapti Triaswati, Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia
  3. Muhamad Rifki Fadilah, Peneliti Bidang Ekonomi, The Indonesian Institute

 

Moderator: Nisaaul Muthiah, Peneliti Bidang Sosial The Indonesian Institute

 

Download Rangkuman dan Materi Pembicara:

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

 

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

 

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

 

 

Komentar