Paste your Google Webmaster Tools verification code here
Foto TII.

The INDONESIAN FORUM Seri 34 “Generasi Muda dan Partisipasi Politik Pada Pilpres 2014 “

Generasi muda merupakan garda terdepan dalam setiap perubahan. Sepanjang lintasan sejarah bangsa ini, generasi muda selalu tampil memainkan peranannya, tidak terkecuali pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Pilpres 2014 dinilai oleh banyak kalangan sebagai salah satu Pemilu berkualitas yang pernah diselenggarakan di Indonesia.

Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Muhammad Afifudin (24/7) mengatakan, meningkatnya kualitas pilpres ditandai dengan partisipasi masyarakat yang lebih meriah dibandingkan Pilpres sebelumnya, misalnya dalam diskusi di media sosial dan partisipasi masyarakat mengawasi C1. Meningkatnya kualitas Pilpres juga tidak lepas dari partisipasi generasi muda. Partisipasi tersebut ditunjukkan dengan berbagai macam model-model partisipasi didalam tiap tahapan Pilpres 2014.

Sebelumnya, partisipasi generasi muda pada Pemilu 2014 memang telah diprediksi akan meningkat. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hasil survei, seperti survei Perludem dan Indocratia (2013) tentang perilaku pemilih pemuda menjelang Pemilu 2014, yang memprediksi partisipasi pemuda mencapai 84 persen. Kemudian survei Indo Barometer yang memprediksi partisipasi pemuda mencapai 86,9 persen dalam Pemilu 2014 (2013).

Salah satu model partisipasi generasi muda adalah dengan ikut melakukan pemantauan dan pengawasan jalannya Pemilu 2014. Contohnya seperti kehadiran situs www.kawalpemilu.org.  Situs kawal pemilu merupakan inisiasi pemuda-pemuda yang secara sukarela aktif memantau hasil Pilpres 2014. Selain untuk memberikan informasi, situs ini juga dapat dijadikan media pemantauan agar tidak terjadi manipulasi rekapitulasi suara. Sehingga Pilpres 2014 menjadi lebih transparan.

Bahan Diskusi:

  1. Bagaimana fenomena peningkatan kualitas partisipasi politik  (khususnya generasi muda) pada  Pilpres 2014?
  2. Bagaimana sepak terjang generasi muda (khususnya situs kawal pemilu) dalam Pilpres 2014?

Pengantar diskusi oleh:

  1. Raja Juli Antoni (Direktur Eksekutif  The Indonesian Institute)
  2. Ainun Nadjib (Inisiator www.kawalpemilu.org)

 

Moderator :

Arfianto Purbolaksono, Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute

 

THE INDONESIAN FORUM_Rangkuman Diskusi_Seri 34_Generasi Muda

Komentar