Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIV, No.6 – Juni 2020 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Juni 2020 mengangkat laporan utama mengenai penyelenggaraan kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 dan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 idealnya menghadirkan rasa aman untuk setiap tahapan. Namun, keberadaan cara berkampanye yang mensyaratkan interaksi tatap wajah seakan menempatkan protokol kesehatan pada posisi yang berseberangan.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini membahas tentang kondisi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi COVID-19. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi, berefek positif untuk membantu menekan penyebaran COVID-19. Di sisi lain, kebijakan juga memberi dampak negatif pada sebagian kalangan khususnya UMKM. Selain itu, kami juga membahas tentang isu kebijakan utang pemerintah masa pandemi COVID-19. Hal ini karena perbincangan mengenai utang Indonesia kembali menjadi topik hangat yang diperbincangkan akhir-akhir ini. Indonesia pun turut melakukan serangkaian stimulus fiskal. Dampaknya, defisit APBN pun melebar.

Di bidang Hukum, Update Indonesia membahas tentang menakar urgensi penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi COVID-19. Di tengah situasi genting seperti ini, dibanding tetap melaksanakan Pilkada di masa pandemi, seharusnya pemerintah lebih bijak mengeluarkan Perppu yang mengatur tata kelola pemerintahan di tengah masa kevakuman dan transisi ini. Selain itu, kami membahas tentang kondisi terkini tentang kebebasan berpendapat di Indonesia. Hal ini sangat penting, mengingat semakin menguatirkannya ancaman terhadap kebebasan berpendapat di Indonesia, termasuk di dunia maya.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) memasuki kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19. Adaptasi dilakukan oleh pemerintah sebagai langkah memutus rantai pandemi COVID-19. Salah satunya terkait dengan pelayanan publik. ASN dituntut untuk tetap memberikan kinerja pelayanan yang prima. Selain itu, kami membahas tentang memahami pengaduan publik dan responsivitas pemerintah di tengah pandemi COVID-19. Selanjutnya, kami juga membahas tentang pentingnya perumusan kebijakan yang berbasis bukti dalam pembuatan kebijakan new normal di tengah pandemi COVID-19.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang risiko skenario adaptasi kebiasaan baru. Kebijakan new normal harus ditinjau dengan kajian yang matang secara multidisiplin dan diterapkan dengan mekanisme komunikasi publik yang simultan dan pengawasan yang tegas. Selain itu, kami membahas tentang potret layanan kesehatan jiwa pada masa pandemi.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Komentar