Update Indonesia — Volume XV, No.8 – Agustus 2021 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Agustus 2021 mengangkat laporan utama mengenai kerentanan pada aspek kesehatan dan pendidikan yang masih dialami oleh anak Indonesia hingga saat ini. Kerentanan pada aspek kesehatan dan pendidikan anak berpengaruh dan dipengaruhi oleh berbagai aspek, utamanya kondisi sosial ekonomi keluarga. Selain itu, kerentanaan ini juga karena masih adanya permasalahan pendataan anak, yakni akta kelahiran, karena dokumen tersebut juga berkaitan dengan akses anak pada layanan pendidikan dan kesehatan.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia membahas tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II-2021 sebesar 7,07 persen (year on year). Hal ini memberikan angin segar bagi pemulihan ekonomi Indonesia. Beberapa indikator dari sisi produksi maupun pengeluaran menunjukkan adanya kenaikan yang positif. Selain itu, kami juga membahas tentang suku bunga acuan turun secara agresif, namun tidak diikuti oleh suku bunga yang ditetapkan oleh perbankan.

Di bidang hukum, Update Indonesia mengangkat tentang wacana pembuatan Kitab Undang-Undang Hukum Digital. Aturan sapu jagat tersebut akan mengatur pelbagai hal di dunia digital. Selanjutnya, kami membahas tentang perubahan-perubahan nomenklatur aturan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah sepanjang Pandemi Coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tentang pembentukan Badan Khusus yang dipimpin oleh Wakil Presiden dalam rangka sinkronisasi, harmonisasi, evaluasi, dan koordinasi pelaksanaan otonomi khusus dan pembangunan di wilayah Papua. Selanjutnya, kami membahas tentang permasalahan Undang-Undang Pengelolaan Sumber Daya Nasional dan upaya penguatan pertahanan negara. Selain itu, kami juga membahas tentang refleksi kebebasan beragama dan berkeyakinan jelang 76 Tahun Kemerdekaan Indonesia.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

Komentar