Update Indonesia — Volume XV, No.3 – Maret 2021 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Maret 2021 mengangkat laporan utama mengenai polemik tentang revisi terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Harapannya, arah politik hukum UU ITE harus dikembalikan ke tujuan awal pembentukannya. Undang-undang ini harusnya mampu untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat dalam mengakses dan bertransaksi di internet. Bukannya malah menjadi alat untuk merepresi kebebasan berpendapat masyarakat.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia membahas tentang efek penurunan suku bunga acuan (BI 7-Days Reverse Repo Rate / BI-7DRRR). Meski suku bunga acuan turun, namun suku bunga yang dipatok oleh perbankan belum menunjukkan pola yang seirama. Dengan demikian, upaya BI untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional menjadi terhambat Selain itu, kami membahas tentang analisis reformasi kebijakan restriksi impor gula di Indonesia.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang konflik di internal Partai Demokrat. Permasalahan yang terjadi di Partai Demokrat menambah catatan konflik internal partai politik di Indonesia pasca reformasi. Selain itu, kami juga membahas tentang revisi UU ITE yang lebih fokus pada tren ketimpangan relasi kuasa antara pelapor dan terlapor. Selanjutnya, kami membahas tentang kasus pemutusan akses informasi di Myanmar di tengah gejolak politik yang terjadi di negara tersebut. Jika ditelaah lebih jauh, ditemukan beberapa tren yang sebetulnya mirip dengan apa yang sempat terjadi di Indonesia.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang evaluasi implementasi program Kartu Prakerja berdasarkan sebaran dan kemanfaatannya. Selain itu, kami membahas tentang penyelenggaraan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021. Penyelenggaraan rekrutmen ASN perlu diiringi dengan sejumlah langkah antisipatif dan strategis di tengah pandemi  COVID-19. Selanjutnya, kami membahas tentang pelayanan publik bagi kaum disabilitas di masa pandemi COVID-19. Kemudian, kami juga membahas tentang komitmen negara dalam perlindungan korban kekerasan seksual.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

Komentar