Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIV, No.5 – Mei 2020 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Mei 2020 mengangkat laporan utama mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease-2019 (Perppu COVID-19). Polemik ini muncul setelah adanya permohonan beberapa pihak untuk menguji Perppu COVID-19 di Mahkamah Konstitusi (MK). Di sisi lain, kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19, hampir sebagian besar menuai kontroversi dan protes dari berbagai kalangan masyarakat sipil.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini membahas tentang adanya kecenderungan menguatnya kebijakan proteksionisme di berbagai negara. Kebijakan ini muncul setelah pandemi COVID-19 memaksa negara-negara di dunia untuk menyesuaikan berbagai kebijakan yang dihasilkan, termasuk salah satunya adalah kebijakan perdagangan. Masalah keamanan nasional dan penyediaan kesehatan masyarakat merupakan alasan baru untuk membenarkan kebijakan proteksionisme, terutama untuk peralatan medis dan makanan dan penekanan pada sumber dalam negeri. Selain itu, kami juga membahas tentang isu Dampak COVID-19 Ke Industri Pariwisata. Hal ini karena terbatasnya mobilitas manusia dan barang juga berdampak signifikan terhadap industri pariwisata.

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang smart city di tengah pandemi COVID-19. Pemanfaatan smart city perlu dioptimalkan agar eksistensinya semakin dirasakan bagi pemerintah dan masyarakat di tengah ketidakpastian karena pandemi COVID-19. Selain itu, kami membahas tentang Perppu Pilkada dan keseriusan pemerintah menangani COVID-19. Selanjutnya, kami juga membahas tentang Persoalan Data dan Bantuan Sosial Pada Masa Pandemi COVID-19. Di bidang politik, kami juga membahas tentang solidaritas sosial di tengah COVID-19.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam program Belajar dari Rumah (BDR) sebagai alternatif belajar selama pandemi. Selain itu, kami membahas tentang pengayaan data penerima manfaat bantuan sosial pada masa pandemi COVID-19. Selanjutnya, kami membahas tentang tren COVID-19 dan data berbasis gender.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Selamat membaca.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [0.96 MB]

Komentar