Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Update Indonesia — Volume XIV, No.3 – Maret 2020 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi Maret 2020 mengangkat laporan utama mengenai wacana pemilihan kepala daerah dengan model asimetris. Polemik ini muncul menyusul wacana Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk mengevaluasi pelaksanan pemilihan kepala daerah (pilkada). Wacana tersebut memang masih diperbincangkan sejak akhir tahun 2019. Akan tetapi, kejelasan arah evaluasinya masih belum muncul hingga saat ini.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia kali ini membahas tentang ketidakpastian ekonomi global. Dimulai dengan adanya ketidakjelasan hubungan dagang Amerika-China, ditambah dengan ketegangan geopolitik Amerika-Iran, dan baru-baru ini dunia dirundung ketakutan dengan mewabahnya virus Corona. Selain itu, kami juga membahas tentang isu kenaikan harga gula yang juga patut mendapat perhatian. Pasalnya, berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula secara nasional per Jum’at (28/2/2020) sudah mencapai Rp14.900 per kg.

Di bidang hukum, kami membahas tentang polemik draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja dan aspek lingkungan. Isu terkait lingkungan sayangnya turut terpinggirkan dalam draf  RUU tersebut. Selain itu, kami juga membahas tentang ancaman meningkatnya gerakan radikalisme di Indonesia pada tahun 2020. Hal ini karena berdasarkan data Global Terrorism Index (GTI) tahun 2019, skor Indonesia mengalami peningkatan yang cukup drastis dari tahun-tahun sebelumnya, yakni menjadi 5,07. Sebuah angka tertinggi yang sejauh ini pernah dicapai oleh Indonesia. Kemudian pada bidang hukum, kami juga membahas tentang penggunaan hukum pidana secara tidak terukur dalam kasus penimbunan barang akibat wabah corona, akan mengakibatkan kriminalisasi atas perbuatan atau subjek yang mestinya tidak perlu dikriminalisasi (over-criminalization).

Di bidang politik, Update Indonesia membahas tentang efektivitas kolaborasi pentahelix menangani banjir di DKI Jakarta. Hal ini penting karena dalam upaya menangani banjir, pemerintah telah mempraktikkan model pentahelix sebagai landasan kolaborasi. Namun, peningkatan peran aktif masyarakat masih perlu dilakukan. Selain itu, kami membahas tentang sensus penduduk Indonesia yang akan diadakan pada tahun 2020 ini. Kesuksesan Sensus Penduduk 2020 menjadi satu aspek vital dalam penyelenggaraan tata kelola data guna mempercepat terwujudnya pemerintahan terbuka di Indonesia.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang permasalahan meningkatnya angka kekerasan seksual di Indonesia. Hal ini kemudian memunculkan desakan untuk segera dilakukannya pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Selain itu, kami membahas tentang pengembangan sistem daring pada manajemen BPJS Kesehatan. Selanjutnya, kami membahas tentang polemik RUU Ketahanan Keluarga dalam perspektif kesejahteraan sosial.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

 

Selamat membaca

Komentar