Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Updated Indonesia Vol.XII No. 12 Februari 2019 (Bahasa Indonesia)

Update Indonesia edisi  Februari 2019 mengetengahkan laporan utama tentang golput dalam Pemilu 2019.  Golput menjadi perbincangan akhir-akhir ini, dan belakangan banyak pihak yang mendeklarasikan akan memutuskan Golput pada 17 April mendatang. Meskipun, golput merupakan hak bagi setiap pemilih, manfaat dari golput perlu dipertimbangkan mengingat pemilu merupakan ajang pemilihan pemimpin pemerintahan, dimana arah dan kebijakan diantaranya ditentukan oleh pola kepimpinanan sosok yang kita pilih.

Di bidang politik, Update Indonesia bulan ini membahas dua  isu, melihat perilaku memilih anak muda jelang Pemilu 2019 dan partisipasi politik dan kritik terhadap agenda golput pada Pemilu 2019. Diperkirakan pemilih milenial berusia 17 hingga 35 tahun sebesar 40  sampai dengan 50 persen dari total jumlah pemilih yang ada. Ini tentu angka yang cukup signifikan menjadi sasaran para kandidat untuk memperoleh suara.  Di tulisan kedua politik,  penulis fokus kepada tiga katagori bentuk partisipasi politik dikaitkan dengan agenda golput di Pemilu 2019 yang dianggap tidak strategis.

Di bidang hukum, Update Indonesia membahas mengenai problematika RUU Permusikan dimana bagi penulis secara konten RUU tidak hanya menghambat kreativitas dalam bermusik, tetapi juga melanggar kebebasan untuk berekspresi jika diimplementasikan.Tulisan kedua bidang hukum membahas UU ITE dimana penulis mengusulkan untuk melihat kembali dasar konstitusi yang dikaitkan dengan terbatasnya kebebasan individu untuk berpendapat mengingat banyaknya korban akibat pemberlakuan UU ITE.

Di bidang sosial, Update Indonesia kali ini mengangkat tiga topik, yakni pertama, penanganan DBD dengan fokus strategi penanganan DBD oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta; kedua, Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang JKN yang tidak mengakomodir bantuan medis bagi korban kekerasan termasuk KDRT; dan ketiga, menilik RUU Penghapusan Kekerasan Seksual yang saat ini marak didiskusikan dengan wacana moralitas, namun mengenyampingkan aspek pemulihan dan pelindungan terhadap korban.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

Download Updated Indonesia-Vol.XII-No. 12-Februari 2019

Komentar