Peneliti

Benni Inayatullah – Peneliti Bidang Politik

beniLahir di Payakumbuh, 25 Desember 1980. Benni adalah peneliti di bidang Politik (Demokrasi, Reformasi Tata Kelola Pemerintahan dan Otonomi Daerah) di The Indonesian Institute. Anak kedua dari keluarga petani ini, saat ini terus berusaha mempertajam kemampuan analisisnya dalam bidang politik dan sosial.

Fokus kajiannya adalah Partai Politik, Desentralisasi, Reformasi Birokrasi dan Perubahan Sosial. Benni menyelesaikan pendidikan Sarjana Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun 2003. Benni pernah bekerja di The Amien Rais Center (2003-2004) dan menjadi Staff Program di Maarif Institute (2004-2005). Artikel-artikel tulisan Benni mengenai politik dan sosial dimuat di beberapa media nasional dan lokal.

 

Arfianto Purbolaksono – Peneliti Bidang Politik

ArfiantoLahir di Jakarta, 15 Februari 1985, menempuh pendidikan di Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP), Universitas Jenderal Soedirman. Semasa kuliah, pria yang biasa disapa Anto ini, aktif di organisasi kemahasiswaan di Purwokerto.

Sejak masa kuliah, Anto banyak aktif terlibat di berbagai lembaga riset. Beberapa riset-riset yang pernah diikuti adalah “Survei Dinamika Internal Partai Politik Di Indonesia”; “Evaluasi Pengelolaan Daerah Kepulauan, Guna Percepatan Pembangunan Daerah Kepulauan”; “Analisis Kebijakan Pemerintah Terhadap Pengelolaan Pulau-Pulau Terluar”; “Jajak Pendapat Kebijakan Pemerintah Daerah DKI Jakarta”.

Sejak 11 Maret 2013 Anto bergabung dengan The Indonesia Institute sebagai Peneliti Junior Bidang Politik. Anto memiliki minat pada isu-isu tentang ketahanan nasional, otonomi daerah, dan juga hubungan demokrasi dan agama.

 

Zihan Syahayani – Peneliti Bidang Hukum

Zihan Syahayani, Peneliti Bidang Hukum, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Zihan Syahayani, Peneliti Bidang Hukum, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.

Lahir pada 15 Agustus 1992, menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Hukum Tata Negara (2010-2014). Aktif di lembaga riset mahasiswa sejak kuliah, dan beberapa kali menjuarai kompetisi karya tulis ilmiah mahasiswa, debat hukum dan legislatif drafting.

Sejak tahun 2013 hingga 2015 Zihan merupakan Fungsionaris Pusat Studi Peradaban, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya. Sebelum akhirnya bergabung dengan The Indonesian Institute sebagai Peneliti Bidang Hukum pada Juni 2015.

Zihan memiliki minat kajian pada isu-isu hukum tentang kelembagaan negara, korupsi, hukum lingkungan, hak asasi manusia, otonomi daerah, desa dan masyarakat hukum adat. Zihan pernah menyusun legal drafting Peraturan Daerah tentang pengelolaan sumber daya air di Kota Pasuruan dan pernah menjadi juara II dalam kompetisi legislatif drafting dan contract drafting, Airlangga Law Fair II yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga.

 

 

Komentar