Kampanye Publik Mendukung Kesetaraan Hak Konstitusional Perempuan dalam Proses Kebijakan Publik di Kota Tangerang

dokumentasi kampanye publik mendukung kesetaraan hak konstitusional perempuan dalam proses kebijakan publik di kota tangerang feb 2010Buku ini berisi tentang dokumentasi kerja advokasi The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII) dalam melakukan program kampanye publik dengan tema besar “Mendukung Pluralisme Sosial dan Kesetaraan Hak Perempuan di Kota Tangerang”. TII melaksanakan program ini sejak bulan Mei 2009 hingga Juli 2010 dengan dukungan dari Program RESPECT, bersama dengan dua Mitra RESPECT lainnya, yaitu SETARA Institute dan PBHI Jakarta.
Program kampanye publik TII di Kota Tangerang terkait tema ini dilakukan dalam empat rangkaian kegiatan, yaitu dua kali diskusi publik dan dua kali dengar pendapat umum, serta publikasi berupa buku tentang dokumentasi kegiatan kampanye publik TII di Kota Tangerang.

Rangkaian kampanye publik untuk mendukung terwujudnya pluralisme sosial dan kesetaraan hak perempuan di Kota Tangerang ini dilakukan melalui penyebaran informasi dan diskusi tentang partisipasi masyarakat dan proses pembuatan kebijakan yang didorong ke arah penghargaan terhadap pluralisme sosial dan kesetaraan hak perempuan.

Kampanye publik ini ditujukan pada target-target sesuai prinsip tiga pilar masyarakat madani, yaitu Pemerintah, Swasta, dan Masyarakat. Seperti diketahui, masing-masing pihak tersebut berkontribusi secara hak dan kewajiban dalam perwujudan masyarakat madani, termasuk apabila ingin diwujudkan pluralisme sosial dan kesetaraan hak perempuan.

Untuk itulah, dalam setiap kegiatan kampanye tersebut, TII melibatkan narasumber dari Pemerintah Kota (BPMKB, Bappeda, dan Sekda), serta DPRD Kota Tangerang, selain dari kalangan akademisi, LSM, dan Mitra RESPECT. Para peserta pun beragam dari masyarakat umum, individu, pengajar, guru, buruh, aktivis perempuan, media, mahasiswa, dan sebagainya yang peduli akan isu ini.

Buku ini ditujukan untuk target pembaca yang relevan, baik pembuat kebijakan secara khusus dan para pemangku kepentingan di Kota Tangerang secara khusus, dan target pembaca umum yang tertarik dan peduli akan topik ini. Kami harap kampanye publik TII di Kota Tangerang dapat dimanfaatkan baik dalam proses kebijakan maupun untuk kepentingan advokasi kebijakan publik, maupun referensi akademik maupun media massa.

Dengan demikian, diharapkan agar upaya untuk mendorong kebijakan publik yang mendukung pluralisme sosial dan kesetaraan perempuan di Kota Tangerang khususnya, maupun di Indonesia umumnya dapat dilanjutkan oleh berbagai pihak, baik dari pembuat kebijakan maupun masyarakat sipil.

Dokumentasi Kampanye Publik Mendukung Kesetaraan Hak Konstitusional Perempuan dalam Proses Kebijakan Publik di Kota Tangerang (Feb 2010)

Komentar