Indonesia Report 2011

Indonesia Report 2011

Indonesia Report 2011Dalam publikasi tahunan Indonesia 2011 ini, The Indonesian Institute, Center for  Public  Policy  Research   (TII)  mengangkat beberapa tema,  terutama terkait  isu-isu kebijakan  publik di bidang  politik dan sosial. Beberapa  permasalahan klasik yang menurut kami juga cukup menyita perhatian publik dan masih belum tuntas ditindaklanjuti, seperti masalah  kawasan  perbatasan dan  konflik di Papua  menjadi  dua  tema  yang dianalisis dalam Indonesia 2011.

Dua tema lain yang kami nilai penting dan menarik untuk diangkat dan didorong pengejawantahannya adalah mengenai isu gender,  terutama dalam kaitannya dengan  partisipasi politik perempuan dalam proses kebijakan, maupun  dalam hubungannya dengan  masalah  dan dampak perubahan iklim, khususnya  bagi perempuan.

Ada benang  merah dari isu-isu yang diangkat dalam Indonesia 2011 tersebut, yaitu terlepas dari tersedianya perangkat kebijakan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, masih terdapat kendala dalam tataran implementasi dan pendekatan kebijakan, serta upaya menindaklanjuti permasalahan yang terkait dengan isu-isu tersebut.

Misalnya, terkait  masalah  konflik di Papua  yang menunjukkan  kendala yang dihadapi Pemerintah RI dalam  merangkul  provinsi di kawasan  paling Timur Indonesia tersebut. Hal ini semakin berat, terutama mengingat fakta bahwa permasalahan di Papua  tidak hanya  menjadi masalah  Indonesia,  namun  juga mendapatkan perhatian  internasional,  khususnya  oleh negara-negara seperti Amerika Serikat dan Australia.

Pemerintah pun berupaya untuk menjawab masalah kesejahteraan masyarakat Papua dan mempertahankan NKRI melalui beberapa  kebijakan, seperti penerapan Undang-undang No. 21 Tahun  2001 tentang otonomi khusus untuk Papua;  serta  pembentukan Unit Percepatan Pembangunan Papua  dan Papua.

Indonesia Report 2011

Komentar